Sosial

TNI dan Warga Bersihkan DAS Peusangan

ACEHTERKINI.COM | Personil TNI dibantu oleh warga dan pihak terkait membersihkan daerah Aliran Sungai (DAS) peusangan sejauh 3,5 kilometer, mulai dari Jembatan Bale hingga jembatan Tan Saril.

Dandim 0106 Aceh Tengah, Letkol Inf. Lalu Habibburrahim mengatakan aksi membersihkan DAS Peusangan merupakan karya bakti TNI yang dilakukan melalui kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait.

“Kita membersihkan sungai dari sampah dan tanaman pengganggu seperti eceng gondok,” ungkap Lalu, disela kegiatan pembersihan, Rabu (26/11/2014).

Untuk melaksanakan aksi pembersihan tersebut, pihaknya mengerahkan personil TNI  sebanyak 280 orang yang berasal dari Kodim dan Batalyon 114/SM, Polres Aceh Tengah, Satpol PP, Dinas Kebersihan, Pramuka, dan 100 orang masyarakat

“Sebagai pendukung, kita juga mempersiapkan peralatan berupa satu alat berat berupa beko, boat mesin 2 unit, perahu mesin 10 unit dan truk sampah 3 unit,” ujar Lalu.

Sementara Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Ia menilai aksi yang dilakukan TNI bersama masyarakat dapat menjadi pemicu semangat warga untuk selalu menjaga kebersihan sungai.

“Pembersihan lingkungan sudah semestinya jadi budaya, dan rutinitas keseharian masyarakat, apalagi DAS Peusangan merupakan area lingkungan yang harus tetap dijaga sebagai sumber kehidupan masyarakat,” jelasnya. [ist]

To Top