Layanan Publik

Tarif AKDP di Aceh Naik 15-20 Persen

ACEHTERKINI.COM | Kepala Persatuan Supir-Supir Angkutan yang juga mantan Wakil Ketua Organda Aceh, Erizal mengatakan tarif Angkutan Dalam Provinsi (AKDP) Aceh naik dari 15-20 persen.

Kepada acehterkini, Jum’at (21/11/2014), Erizal menjelaskan kenaikan tarif tersebut sudah berlaku sejak 19 November 2014 atau satu hari pasca naiknya harga BBM.

Dikatakannya jenis transportasi yang termasuk dalam Angkutan Dalam Provinsi Aceh adalah mini bus L-300, Jumbo dan sejenisnya.

Pengamat transportasi darat, laut dan udara, Musni Hafas mengatakan tarif angkutan sebenarnya berlaku untuk Angkutan Dalam Provinsi, seperti Mobil Bireuen Ekspress (BE) atau Jumbo.

“Kalau L-300 itu tidak bisa menggunakan tarif pemerintah, karena L-300 sudah termasuk jenis mobil VIP, yaitu sudah termasuk antar jemput penumpang, artinya ada tambahan fasilitas yang diberlakukan,” kata Musni Hafas.

Menurutnya tarif untuk AKDP itu diatur oleh Pemerintah Provinsi melalui SK Gubernur Aceh. Sedangkan Angkutan Dalam Kota/Kabupaten diatur oleh masing-masing kabupaten kota di Aceh. [Dar]

To Top