Sosial

Tari Saman Massal Pecahkan Rekor Muri Dunia

Diikuti 5.057 Penari di Seribu Bukit

ACEHTERKINI.COM | Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggelar hari Saman, 24 November di Stadion Seribu Bukit, Kabupaten Gayo Lues. Kegiatan ini diikuti 5.057 penari. Lembaga pencatat rekor menjadikan kegiatan ini sebagai sejarah superlatif Rekor Dunia.

Didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi dan Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasyim, Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf mengucapkan selamat atas perayaan Hari Saman pada 24 November.

Muzakir Manaf mengatakan usulan menetapkan tanggal 24 November sebagai Hari Tari Saman, sangat tepat karena bertepatan dengan hari pengakuan Unesco yang disampaikan di Bali tiga tahun lalu.

“Hari ini, Senin (24/11/2014) sebanyak 5.005 penari dengan antusias mengikuti tari saman massal. Bisa dibayangkan betapa tingginya tingkat kesulitan menjadikan tarian ini sebuah pertunjukkan kolosal,” ujar Mualem, panggilan akrab Muzakir Manaf.

“MURI menganugerahkan rekor dunia atas Tari Saman dengan peserta terbanyak yang tadi telah kami catat diikuti oleh 5.057 peserta. Rekor hari ini dengan bangga didedikasikan kepada segenap masyarakat Kabupaten Gayo Lues,” tambah Muzakir Manaf didampingi perwakilan dari MURI. [red]

To Top