Pendidikan

Sudah Diberikan Himbauan Untuk PAUD dan TK

ACEHTERKINI.COM | Jajanan sekolah yang cepat saji dan tidak beragam disinyalir mengandung zat kimia yang dapat menurunkan daya tahan tubuh si anak. “Kita sudah memberikan himbauan secara lisan untuk PAUD dan TK serta sebagian Sekolah SD/MI di Aceh Jaya,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Aceh Jaya, M. Yusuf.

Kepada acehterkini, Minggu (9/11/2014), M. Yusuf mengatakan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Banda Aceh untuk tahun 2014 ini belum melakukan pemeriksaan barang jajanan yang dijual di sekolah-sekolah di Aceh Jaya melalui mobil laboratorium keliling.

“Kita berharap BPOM bisa melakukan kegiatan tersebut tahun ini di Aceh Jaya,” pintanya.

Ia menambahkan Pemerintah Aceh Jaya tidak melarang masyarakat berjualan di sekolah-sekolah termasuk para guru sejauh jajanan yang dijual itu sehat dan tidak berbahaya. Makanan cepat saji dan kerupuk diduga mengandung zat yang berbahaya.

“Sejauh tidak menganggu lingkungan sekolah dan tidak menjual jajanan yang banyak mengandung zat kimia,” silahkan saja,” katanya.

“Selama ini kita memberikan himbauan kepada bunda-bunda PAUD dan TK di Aceh Jaya, baik kepada gurunya maupun kepada pedagang agar tidak menjual jajanan mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan si anak apalagi sekolah PAUD dan TK adalah konsumen yang rentan,” demikian Kepala Dinas Pendidikan Aceh Jaya, M. Yusuf.

Pada Maret 2013, Tim BBPOM secara simultan melaksanakan kegiatan aksi revitalisasi mobil laboratorium keliling serta melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) di sekolah-sekolah SD/MI di Kabupaten Aceh Jaya.

Dikutip dari laman POM, Acara tersebut diselenggarakan di SDN Paya Mantok, Krueng Sabee. Sebanyak 21 sampel yang diambil dari sekolah SD/MI di Aceh Jaya dan hasilnya memenuhi syarat. Kegiatan KIE mendapat perhatian yang serius karena banyak mengkhawatirkan adanya makanan yang tidak aman untuk dikonsumsi di sekitar sekolah. [red/hendra]

To Top