Sosial

Penderita HIV/AIDS di Aceh 300 Orang

Kota Banda Aceh Hanya 30 Orang

ACEHTERKINI. COM | Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Banda Aceh terus meningkat dbandingkan tahun-tahun sebelumnya. Secara keselurahan total penderita HIV/AISD di Aceh sebanyak 300 orang.

Hal ini dikatakan Illiza saat membuka workshop warga peduli AIDS, Sabtu (15/11/2014) di Aula Balai Kota.

Illiza melanjutkan angka penderita virus HIV/AIDS di Kota Banda Aceh bagaikan fenomena gunung es. “Sampai saat ini Banda Aceh menemukan 30 orang kasus penderita HIV/AIDS,” kata Illiza menyakinkan.

Angka tersebut diantaranya 21 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Tujuh orang sudah meninggal dunia.

Kegiatan yang dihadiri oleh 120 orang peserta dari perwakilan di 9 kecamatan ini berlangsung selama satu hari.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Media Yulizar, mengatakan saat ini di Banda Aceh telah membuka pelayanan konseling dan tes HIV/AIDS, misalnya di Pukesmas Kuta Alam telah dibuka layanan Voluntary Counseling and Testing (VCT) dan Infeksi Menular Seksual (IMS) sedangkan di Pukesmas Meuraxa dan Pukesmas Kopelma Darussalam baru ada pelayanan Infeksi Menular Seksual (IMS).

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Aceh, Asmawati Ahmad menyebutkan sekarang tidak ada satupun Kabupaten/Kota di Aceh yang terbebas dari Virus HIV/AIDS.

Seluruh Aceh penderita HIV/AIDS melonjak tanjam dan Banda Aceh termasuk dalam kategori tinggi penderita HIV/AIDS kemudian diikuti oleh Aceh Utara dan Aceh Tamiang.

Tahun 2014 Aceh telah ditemukan 300 kasus HIV/AIDS di Aceh. [red/*]

To Top