Peristiwa

Pantai Barat Aceh Longsor dan Banjir

ACEHTERKINI.COM | Jalan lintas barat selatan Aceh masih terganggu. Ruas jalan dari Banda Aceh – Calang – Aceh Selatan longsor dan banjir setalah hujan deras mengguyur pantai barat selatan Aceh tiga hari sebelumnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh Jaya, Amren Sayuna mengatakan pemerintah sudah mengantisipasi lokasi yang rawan longsor.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas PU untuk menyediakan alat berat di lokasi rawan longsor, kami juga sudah memasang rambu-rambu agar pengguna jalan berhati-hati,” katanya kepada acehterkini.

Sementara itu Bupati Aceh Jaya bersama Muspida melakukan pemantauan di lapangan. Suasana kini masih hujan dan angin kencang.

Irwan, supir angkutan umum lintas barat saat dihubungi acehterkini, Minggu (2/11/2014) pagi mengatakan longsor dan banjir paling parah mengancam gunung paroe, gunung kulu dan kawasan pemukiman Lhoong, Aceh Besar.

“Saat ini macet, pohon kayu tumbang di jalan. Saya juga mendapat informasi Lhoong banjir besar,”katanya.

“Warga dan dibantu para supir truk dan angkutan sedang menggeser pohon tumbang di gunung,” ujar Irwan.

Sumber lain dari pesan singkat BlackBerry Messenger yang dikirim berantai dari Tim Sar menyebutkan kondisi Lhoong Aceh Besar banjir dan longsor. Perlu segera mendapat perhatian serius.

Warga juga di kabarkan terkurung banjir dan sebagian juga sudah mengungsi. Arus lalu lintas lumpuh total.

Tidak hanya di Lhoong, kondisi yang sama juga terjadi di Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya dan Aceh Barat Daya.

Website BMKG hari ini juga menyebutkan kondisi Aceh masih terus diguyur hujan dalam satu pekan kedepan. [red/hendra]

To Top