Sosial

PA dan KPA Intruksikan Anggotanya Bangun Posko

ACEHTERKINI.COM | Petinggi Partai Aceh dan Komite Peralihan Aceh yang didominasi mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) mengeluarkan seruan kepada kader dan simpatisan di seluruh Aceh untuk membangun Posko Bencana dan membantu warga yang menjadi korban longsor dan banjir.

Wakil Ketua DPA Partai Aceh, Kamaruddin Abubakar juga sudah meminta kepada para pimpinan Partai Aceh dan KPA di lapangan untuk mendirikan posko penanganan bencana di semua wilayah yang terkena musibah dan bekerjasama dengan tim relawan yang sudah berada di lokasi-lokasi bencana.

Data sementara yang diperoleh dari tim relawan di lapangan, selain terputusnya jalan akibat banjir di KM 35 Kecamatan Lhong Aceh Besar juga terputusnya badan sungai dan abrasi laut di Kampung Gle Jong Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya yang mengakibatkan kampung tersebut terendam banjir besar.

Sementara di kawasan Kecamatan Woyla Timur, Aceh Barat mengalami longsor jalan sepanjang 200 meter, yang disusul di kawasan Kampung Sango terputus satu unit jembatan.

Akibat banjir dan longsor ini banyak areal perkebunan dan persawahan yang terisi tanaman pun ikut terendam banjir.

Dewan Pimpinan Aceh (DPA) Partai Aceh sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh dalam rangka penanganan para korban banjir dan longsor di seluruh Aceh.

Partai Aceh sudah mengintruksikan kepada seluruh DPW PA dan KPA di setiap wilayah untuk ikut berpartisipasi dalam musibah dengan mengevakuasi warga dan membersihkan fasilitas umum seperti jalan sebagai akses transportasi masyarakat.

“Saat ini kita juga sedang mengecek lokasi-lokasi pusat pengungsian masyarakat di seluruh Aceh untuk bisa kita salurkan bantuan. Bahkan kita juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintahan Aceh dan para anggota DPR Aceh dari Partai Aceh yang berasal dari daerah pemilihan yang terkena musibah banjir dan longsor,” kata Kamaruddin Abu Bakar melalui Juru Bicara Partai Aceh, Suadi Sulaiman, Senin (3/11/2014).

Gubernur Aceh H. Zaini Abdullah dan Wakil Gubernur Aceh H. Muzakir Manaf mengintruksikan kepada jajaran Pemerintahan Aceh untuk segera mendistribusikan kebutuhan-kebutuhan bantuan kepada masyarakat yang berada di lokasi pengungsian di seluruh Aceh, baik sandang maupun pangan. [red/*]

To Top