Layanan Publik

Ombudsman Lapor Masalah Aceh Ke Poldasu

ACEHTERKINI.COM | Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara akan mengawasi aksi pungutan liar (pungli) dan pelemparan bus yang marak terjadi di perbatasan Sumut-Aceh.

Polda juga berjanji akan menindak oknum pelaku dan aparatnya yang terlibat dalam aksi tersebut.

Hal itu terungkap dalam kunjungan koordinasi Ombudsman RI Perwakilan Sumut dan Perwakilan Aceh ke Polda Sumut di kantor Mapolda Sumut di Medan, Kamis (30/10/2014) kemarin.

Kunjungan koordinasi tersebut dihadiri Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar dan Kepala Perwakilan Aceh Taqwaddin Husin.

Para pejabat Ombudsman ini diterima Wakapolda Sumut Brigjen (Pol) Basaruddin dan Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Kombes (Pol) Syafril.

Pada pertemuan itu, Ombudsman menyampaikan laporan masyarakat Aceh yang menjadi korban pelemparan bus dan pungli di perbatasan Sumut-Aceh.

“Bulan lalu Ombudsman Sumut sudah ke Aceh untuk menerima langsung laporan masyarakat Aceh, baik dari Organda maupun pengusahanya. Korbannya masyarakat Aceh, pelakunya oknum-oknum di Sumut,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman Aceh, Taqwaddin Husin.

Polda Sumut juga sudah berkodinasi dengan Polda Aceh untuk mengatasi masalah yang meresahkan masyarakat ini.

“Dalam waktu dekat akan dibuat rapat koordinasi internal antara Polda Aceh dengan Polda Sumut,” katanya.

Karena Ombudsman tempat dimana masyarakat mengadu. Masyarakat percaya pada Ombudsman sebagai fungsi pengawasan,” ujar Taqwaddin.

Dikatakan Taqwaddin, pungli yang terjadi terhadap bus-bus Aceh ini sudah cukup lama terjadi, sedangkan pelemparan bus terjadi sejak tahun 2013.

“Polda Sumut segera berbenah untuk mengawasi aparatnya yang terlibat dalam kasus ini. Sebab dari laporan yang diterima Ombudsman, salah satu oknum pelaku pelemparan dan pungli di perbatasan wilayah tersebut adalah aparat kepolisian,” tambah Tawaddin.

Lanjut, jika hal ini dibiarkan, akan berdampak pada perekonomian Sumut. Sebab Aceh yang merupakan salah satu konsumen pasar grosir Sumatera Utara (Sumut). [red/*]

To Top