Ekonomi

MoU REDD Diteken, Norwegia Bantu USD170 Juta

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Aceh bersama Badan Pelaksana Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD) Plus Indonesia melakukan penandatanganan kesepahaman bersama yang tertuang dalam MoU Pelaksanaan Program Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dari Deforestasi, Degradasi Hutan dan Lahan Gambut di Aceh, Senin (17/11/2014).

Kesepahaman ini ditandatangani oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dan Kepala BP REDD Plus Indonesia, Heru Prasetyo di Pendapa Gubernur Aceh, pukul 14.00 wib.

Deputi Operasional BP REDD, William Sabandar mengatakan MoU tersebut berlaku sampai Desember 2016.

“Setelah itu baru masuk pada fase pembayaran berbasis kinerja,” kata Wiliam usai bertemuan bersama pegiat lingkungan dan LSM di Hotel Pade.

Hadir dalam diskusi tersebut, Satya Tripathi, Kepala UNORCID (UN Office For REDD Plus Cordination in Indonesia) dan Per Cristiansen dari Wakil Duta Besar Kerajaan Norwegia.

Ia menjelaskan ada 11 provinsi yang melakukan MoU Pelaksanaan Program Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dari Deforestasi, Degradasi Hutan dan Lahan Gambut yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Jambi, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Sumatera Selatan, Riau dan Aceh.

“Sedangkan Papua, Papua Barat dan Kalimantan Barat akan dilakukan penandatanganan MoU dalam waktu dekat ini,” katanya.

Wiliam menambahkan Pemerintah Norwegia membantu USD 170 Juta untuk tata kelola di 11 provinsi tersebut. “Masing-masing provinsi punya Satgas REDD Plus,” katanya.

“Kami menilai 11 provinsi ini punya konstribusi emisi 80 persen di Indoensia, yang mau kita capai adalah penurunan emisi dan deforestasi dan degradasi hutan dan lahan gambut,” tambah Wiliam.

Ada empat fungsi dalam kesepahaman REDD Plus ini, yaitu fungsi penurunan emisi dari deforestasi, fungsi penurunan emisi dari degradasi hutan dan lahan gambut, fungsi penyempurnaan dan memastikan adanya peningkatan stock karbon dan fungsi pengelolaan hutan yang berkelanjutan. [fh]

Lahan Gambut Tripa Terbakar - Ilustrasi

Lahan Gambut Tripa Terbakar – Ilustrasi

To Top