Ekonomi

MaTA : Kinerja Pemerintah Buruk. 18 SKPA Merah

ACEHTERKINI.COM | Lembaga Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) menilai realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) Tahun 2014 jauh dari target. Bahkan hingga 5 November 2014, realisasi keuangan baru 58,4 persen dan realisasi fisik 65 persen.

“Ini menunjukkan kinerja Pemerintah Aceh tidak lebih baik dari tahun sebelumnya walau pengesahan anggaran tahun 2014 lebih cepat,” kata Ketua MaTA, Alfian melalui Koordinator Bidang Advokasi dan Kebijakan Publik, Hafidh, Kamis (6/11/2014).

Catatan MaTA, dari 39 Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) ada 18 SKPA yang berkatagori merah. Kemudian 12 SKPA katagori kuning dan 10 SKPA berkatagori hijau. Sedangkan Katagori Biru hanya sembilan SKPA.

MaTA menyebutkan realisasi terendah dari katagori merah itu meliputi, Dinas Pendapatan dan Kekayaan Aceh (DPKA), Cipta Karya, Lembaga Wali Nanggroe, Dinas Pendidikan, Sumber Daya Air, Bina Marga, Kesehatan Hewan, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Perkebunan.

MaTA juga mencatat realisasi fisik ditemukan 124 paket belum tanda tangan kontrak yang tersebar di 13 SKPA. Hasil analisis, daya serap anggaran maupun realisasi fisik, kinerja Pemerintah Aceh masih cukup buruk.

“Masa anggaran hanya satu bulan setengah lagi, ini artinya Pemerintah Aceh harus bekerja ekstra untuk merealisasikan anggaran 2014. MaTA akan terus memantau dan melaporkan kepada pihak penegakan hukum jika ditemukan kejanggalan dalam penggunaan uang rakyat tersebut,” ungkap Hafidh.

Selain evaluasi seluruh SKPA, Gubernur Aceh diminta untuk menyelesaikan SKPA yang berkinerja buruk dalam pengelolaan anggaran daerah.

“Jika ini tidak selesai maka cita-cita Pemerintahan “Zikir” yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) hanya mimpi belaka,” demikian Hafidh. [red/*]

To Top