Sosial

Mahasiswa Bela Negara Saksikan Kekuatan TNI

ACEHTERKINI.COM | Rangkaian kegiatan pelatihan Kader Bela Negara bagi Mahasiswa Unsyiah bersama Kodam IM pada hari ke dua menyaksikan peragaan latihan Raid Penghancuran dari Satuan  jajaran Kodam IM di daerah latihan Kodam IM Mata Ie, Darul Imarah, Sabtu (01/11/2014).

Peragaan manuver pasukan satuan Kodam IM Raid Penghancuran dilaksanakan oleh Satuan Denrudal 001, Armed, Kavaleri, Yonif 112/R dan Yon Zipur 16/DA.

Dalam pelaksanaanya pasukan melaksanakan manuver bergerak ke DP (daerah persiapan) masing-masing dimulai dari pasukan Denrudal 001, Armed dan Kavaleri yang mengangkut pasukan Raider.

Para mahasiswa/i menyaksikan pasukan Denrudal 001 masuk kedudukan dan melaksanakan penembakan dengan menggunakan senjata Penangkal Serangan Udara (PSU) Meriam 57mm AA.

Selanjutnya pasukan kavaleri dengan rantis Anoa  2 unit mengangkut pasukan Raider bergerak menuju kedudukan penembakan.

Setelah melaksanakan peledakan maka pasukan Mobud melaksanakan eksfiltrasi dan dijemput dengan menggunakan Helly dilanjutkan dengan pasukan yang melaksanakan pemunduran ke DP (Daerah Persiapan).

Sebelum  menyaksikan peragaan Latihan Raid prajurit Kodam IM, para mahasiswa/i mengikuti pelatihan ketangkasan, kekompakan dan kerjasama antar anggota tim, kegiatan ketangkasan tersebut meliputi adu kecepatan mengisi air pada pipa-pipa yang berlubang di bagian sisinya, berjalan menggunakan bakiak, tarik tambang, lempar sangkur serta ekspedisi LCR.

Kegiatan ini diharapkan agar para mahasiswa peserta pelatihan dapat menyerap makna dan tujuan pelatihan tersebut sebagai generasi penerus bangsa yang berjiwa nasionalis dan berwawasan kebangsaan yang Pancasialis, berdisiplin dan memiliki solidaritas yang tinggi. [red]

To Top