Peristiwa

Longsor Gunung Paro Ditetapkan Bencana Provinsi

Bangun 3 Posko Kebencanaan

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengadakan pertemuan dadakan bersama Muspida plus Pemerintah Aceh, Pemerintah Aceh Besar dan instansi terkait membahas bencana Gunung Paro, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (2/11/2014) malam.

“Saya baru sampai dari Lhokseumawe dengan pesawat kecil, cuaca sempat menganggu penerbangan tadi,” kata Gubernur Aceh dalam pertemuan di Pendapa malam tadi.

“Saya minta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) membuat surat terkait penetapan status bencana longsor di Gunung Paro yang mengakibatkan lalu lintas Banda Aceh – Calang – Meulaboh putus total, bencana ini ditetapkan sebagai bencana provinsi,” kata Gubernur Aceh.

Gubernur Aceh berharap agar dalam penanganan tanggap darurat yang dimulai, Senin (3/11/2014) ini harus diprioritaskan masyarakat yang terisolir di kawasan Lhoong.

“Kebutuhan masyarakat harus diutamakan, Dinas Sosial Aceh segera menyalurkan logistik dan sembako begitu juga berkoodirnasi untuk membangun posko-posko bencana, paling penting cepat memberikan akses kepada masyarakat yang terisolir,” pinta Zaini Abdullah.

Kepala BPBA, Said Rasul mengatakan bencana longsor di Gunung Paro ditetapkan sebagai bencana Provinsi Aceh. “Kita mencatat ada 12 titik longsor di Gunung Paro, alat berat sudah dikerahkan ke lokasi dari Bina Marga,” kata Said Rasul.

Terkait posko, Said Rasul mengatakan pembangunan Posko dilakukan di tiga tempat, yaitu Posko Pusat di Kantor BPBA Aceh dan dua posko lagi di Lhoksedu, Aceh Besar dan di Kaki Gunung Geureutee, Aceh Jaya.

Untuk diketahui kejadian pertama longsor terjadi pada Jum’at (31/10/2014) malam, Kejadian pertama pohon dan tiang listrik tumbang di badan jalan. Kondisi yang pertama ini bisa diatasi selama dua jam. Kemudian hujan deras terus mengguyur sehingga kejadian kedua terjadi pada, Minggu (2/11/2013) sekitar pukul 06.00 wib. Peristiwa yang kedua ini paling parah, badan jalan amblas mengakibatkan jalan lintas Banda Aceh – Calang putus total. Tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor di Gunung Paro.[red/fh]

To Top