Lingkungan

Longsor di Aceh Karena Loging dan Tambang Liar

ACEHTERKINI.COM | Bencana longsor dan banjir yang menerpa lintas barat selatan Aceh pada awal November 2014 kemarin disebabkan karena maraknya penebangan kayu di gunung.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Aceh Zaini Abdullah saat melakukan peninjauanke lokasi bencana, Kamis (6/11/2014) di Kabupaten Aceh Barat.

Dikutip Metronews, Gubernur Aceh menegaskan banjir dan tanah longsor yang menerpa tujuh kabupaten akibat masih tingginya aktivitas penebangan ilegal pohon di hutan-hutan Aceh.

“Dasar sebabnya banyak seperti pemotongan kayu di hutan secara ilegal, ini masih berlanjut. Kami minta pengertian kepada semua untuk menghentikan penebangan liar,” kata Gubernur.

Dalam kunjungan itu, Zaini didampingi Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah, Kapolres AKBP Faisal Rivai dan Dandim 0105 Let Kol Jaka Susanta serta BNPB dari pusat dan Banda Aceh.

Zaini mengatakan, selain penebangan liar, faktor lain yang menyebabkan hutan rusak yakni penambangan batu gajah di gunung. Dia berjanji akan menghentikan penambangan batu gajah.

“Kontraktor pengusaha yang sampai sekarang masih mengangkat batu gajah di gunung untuk kepentingan mereka, ini bahaya sekali. Untungnya sedikit, ruginya besar. Ini sangat berdosa, ini (batu gajah) bukan kepentingan beberapa golongan, ini kepentingan umat. Jadi jangan lagi, ini harus dihentikan, batu gajah adalah paku di tanah,” kata dia. [red]

To Top