Sosial

Kodam IM Bantu Morgantara untuk Abang Becak

ACEHTERKINI.COM | Upaya meringankan beban rakyat kecil akibat naiknya harga BBM, Kodam Iskandar Muda melaksanakan program Motor Gas Tentara Rakyat (Mogantara),  pengalihan pemakaian bensin menjadi gas LPG 3 Kg terhadap 100 becak motor di Banda Aceh.

Pembagian dan pemasangam gas gratis oleh Kodam IM dipimpin Pangdam IM, Mayjen TNI Agus Kriswanto berlangsung di lapangan Blangpadang, Banda Aceh, Minggu (23/11/2014).

Dalam wawancara dengan wartawan, Pangdam mengatakan program ini sangat membantu rakyat. Pasalnya dengan menggunakan gas tiga kilogram ini bisa menempuh perjalanan hingga 600 kilometer. Sedangkan jika menggunakan bensin yang sekarang harganya Rp 8.500 per liter, paling jauh hanya bisa menempuh 40 kilo meter perliter.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan 100  becak motor hari ini di Banda Aceh kita lakukan uji coba pemasangan tabung gas LPG 3 kg pada becak motor, dan becak tersebut tidak perlu menggunakan bensin lagi, tapi masih pakai karburator khusus untuk bahan bakar gas.Untuk perbandingan biaya pengeluaran abang becak lebih hemat menggunakan gas LPG 3 kg dibandingkan menggunakan bahan bakar bensin. Perbandingannya adalah 1 liter bensin hanya bisa menempuh jarak 40 km, sedangkan pakai gas LPG 3 kg bisa menempuh jarak 600 km, Banda Aceh sampai Medan.

Pangdam juga rencananya akan mengembangkan program ini di seluruh Aceh, “Kita harus bantu rakyat kecil, dan saya akan perintahkan Danrem dan Dandim di daerah untuk segera melaksanakan program ini. Pemasangan dilakukan oleh mekanik yang merupakan anggota TNI yang sudah dilatih. Dan setelah dilakukan pemasangan uji coba tersebut ternyata berhasil,” Ungkap  Mayjen TNI Agus.

To Top