Sosial

KNPI Aceh: Pernyataan Itu Untuk Kritisi Kinerja Pemerintah

ACEHTERKINI.COM | Ketua KNPI Aceh, Jamaluddin mengatakan sejujurnya bahwa tidak ada yang menganggap sepele bencana longsor dan banjir di lintas barat selatan Aceh.

“Pernyataan itu hanya untuk mengkritik kinerja Pemerintah Aceh dalam mendistribusikan bantuan kepada korban lonsor dan banjir di sepanjang lintas barat yang mengalami musibah tersebut,” kata Jamaluddin kepada acehterkini, Kamis (6/11/2014).

“Kami sudah sampaikan klarifikasi ke Harian Serambi Indonesia, Rabu (5/11/2014). Sejujurnya saya juga mohon maaf jika ada bahasa yang tidak baik,” tuturnya.

Keinginan KNPI Aceh sama persis dengan harapan masyarakat. Mungkin ini salah memaknai saja. Ia berkisah, pada tanggal 1 November 2014, KNPI Aceh berencana ke Nagan Raya ada kegiatan Gowes. Kemudian hujan deras dan angin kencang mengakibatkan pohon-pohon tumbang.

Kemudian pada Minggu, 2 November jalan Banda Aceh – Calang putus total karena ada beberapa titik yang mengelami longsor. KNPI cukup gelisah membayangkan bagaimana nasib warga pantai barat selatan Aceh.

Senin, 3 November 2014. KNPI mendapat informasi bahwa Pemerintah Aceh akan menyalurkan bantuan tapi tidak ada akses.

Lalu, KNPI mencari solusi. “Kita bergerak ke lokasi yang dikatakan oleh Pemerintah Aceh itu tidak bisa akses untuk distribusikan bantuan, saat itu longsor sedang dibersihkan. Sekitar sore, longsor di Gunung Paro sudah bisa lewat. Lalu tertahan lagi di Gunung Geureutee, sekitar pukul 20.00 wib kondisi jalan sudah bisa dilalui kenderaan roda empat,” katanya.

Artinya, dalam mendistribusikan bantuan seharusnya Pemerintah Aceh tidak terlalu khawatir dan bisa bergerak cepat.

“Distribusi bisa dilakukan dengan cara estafet, siapkan mobil di dua lokasi yang berbeda. Katakanlah satu mobil di sebelah Aceh Besar, satu mobil lagi di sebelah Aceh Jaya, lalu distribusikan bantuannya, ini yang seharusnya di lakukan,” kata Jamaluddin yang mengkritisi kinerja Pemerintah Aceh khususnya Dinas Sosial Aceh dalam mendistribusikan bantuan kepada korban bencana.

“Seharusnya distribusi bantuan itu harus cepat, jangan menunggu hari. Koordinasi antara Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten harus terus dilakukan dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Kita sangat khawatir dengan kondisi masyarakat saat itu,” demikian Ketua KNPI Aceh, Jamaluddin.

Sebelumnya sejumlah organisasi di Aceh Jaya dan Nagan Raya menyampaikan protes atas pernyataan Ketua KNPI Aceh dalam menanggapi bencana longsor dan banjir di lintas barat selatan Aceh. [red]

To Top