Nasional

Jokowi anggarkan Rp1,2 Triliun untuk Kebun Coklat

ACEHTERKINI.COM | Presiden RI Joko Widodo menargetkan Indonesia menjadi produsen kakao terbesar di dunia, pencapaian target dilakukan dengan menganggarkan dana Rp1,2 triliun untuk rehabilitasi, peremajaan dan pemupukan kebun kakao di seluruh Indonesia.

“Rehabilitasi kakao tiga sampai empat tahun ke depan membutuhkan anggaran Rp1,2 triliun. Langkah rehabilitasi dan perbaikan akan dimulai tahun depan,” kata Presiden saat berdialog dengan para petani kakao di Salletto, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (6/11/2014).

Menurut Jokowi, anggaran Rp1,2 triliun akan dimanfaatkan untuk infrastruktur jalan usaha tani, peremajaan tanaman kakao, bantuan pupuk, sertifikasi lahan, dukungan perbankan nasional, dan pelatihan peningkatan kualitas tanaman kakao.

“Saya harapkan petani kakao nantinya dapat memanfaatkan dana Rp1,2 triliun tersebut secara optimal dengan kerja, kerja, dan kerja untuk meningkatkan produksi kakao dan kesejahteraan para petani,” kata Jokowi.

“Pemerintah akan membantu petani kakao secara maksimal asalkan para petani juga mau kerja keras, kerja dan kerja,” kata Joko Widodo. [red/b2b]

To Top