Sosial

Jembatan Diambil, Aceh Jaya Gunakan Rakit

ACEHTERKINI.COM | Pasca tsunami 2004 silam, jalur di kawasan pedalaman Desa Ligan Kecamatan Sampoiniet menjadi lalu lintas yang paling ramai dilewati menuju Kota Calang, Kabupaten Aceh Jaya.

Kemudian untuk memudahkan proses rehab rekon Aceh Jaya dan Aceh Barat pasca tsunami, pemerintah membangun jembatan rangka baja di Krueng Caleu, Desa Seumantok, Kecamatan Sampoiniet secara darurat oleh TNI.

Kini proses rehab rekon selesai, jembatan diambil warga kembali menggunakan rakit.

Penyeberangan melalui rakit dari Kecamatan Sampoiniet ke Kecamatan Darul Hikmah kerap menganggu aktifitas masyarakat setempat. Terutama disaat hujan deras dan banjir di Kawasan Alue Groe yang menyebabkan warga Ligan, Ranto Sabon dan Desa Seumatok terisolir.

“Kami sangat berharap agar pemerintah membangun jembatan supaya aktifitas warga menjadi lancar,” pinta Saiful warga setempat yang sehari-hari bekerja di rakit penyeberangan tersebut.

“pernah rakit tenggelam karena tali tarik putus akibat kencangnya arus sungai, nyaris menimbulkan korban dari masyarakat,  kejadian baru-baru ini,” kata Saiful berharap agar Pemerintah Aceh Jaya tidak menunggu jatuhnya korban baru kemudian jembatan dibangun.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Adi, warga Desa Seumantok. Ia berharap agar Ketua DPRK Aceh Jaya, Musliadi alias Pang Masri yang merupakan warga setempat menaruh perhatian besar terhadap kondisi jalan dan jembatan antara Kecamatan Sampoiniet dan Kecamatan Darul Hikmah.

“Di kawasan Ligan ini banyak pejabat dan anggota dewan, kami mohon perhatian dari mereka untuk membangun gampong,” harap warga yang lain.

Kunjungi PAUD, Istri Bupati Gunakan Rakit

Bunda PAUD Aceh Jaya, Fitri Maya Lisa menggunakan rakit mengunjungi sekolah di pedalaman gampong, 22 November

Bunda PAUD Aceh Jaya, Fitri Maya Lisa menggunakan rakit mengunjungi sekolah di pedalaman gampong, 22 November

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Aceh Jaya melakukan kunjungan ke daerah pedalaman Kecamatan Darul Hikmah Sabtu (22/11/2014).

Fitri Maya Lisa, Bunda PAUD Kabupaten Aceh Jaya yang juga istri Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman melakukan peninjauan ke TK Negeri Ayem Mata Suak Bekah.

Maya menggunakan rakit menuju lokasi tersebut. Untuk diketahui ada 244 sekolah binaan dari 172 desa di Aceh Jaya yang sudah memiliki Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). [red/Hendra]

To Top