internasional

Inilah Negara yang BBM Murah

ACEHTERKINI.COM | Kenaikan harga BBM sebenarnya mengurangi beban pemerintah yang terus menerus defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Namun kenaikan ini memicu segala-galanya, mulai dari harga kebutuhan yang semakin membengkak, hingga ongkos transportasi yang naik gila-gilaan.

Nah, apakah ada negara yang punya harga BBM murah dan berani memberikan subsidi yang besar untuk memanjakan rakyatnya? Apakah negara itu kaya atau memang berlimpah minyak? berikut nama-nama negara tersebut

Venezuela

Harga BBM di negara Amerika Latin ini luar biasa murah. Hanya 0,05 dolar AS/liter atau sekitar Rp 600. Sebagai negara sosialis, Hugo Chavez yang sekarang sudah almarhum, cukup sukses untuk menekan harga minyak dan membanjirinya kepada masyarakat. Tak heran, Chavez hingga dia meninggal, dipuja oleh seluruh rakyatnya.

Turkmenistan

Negara kedua termurah BBM nya adalah Turkmenistan. Tak jelas kenapa negara ini hanya mematok harga BBM sebesar 0,08 dolar AS/liter atau sekitar Rp 1.000.

Produksi minyak yang berlimpah dan kondisi ekonomi yang stabil dijadikan salah satu alasan murahnya harga minyak. Di negara ini, konsumsi minyak memang tak sebesar negara lain. Umumnya masyarakat disana punya pola hidup yang sederhana.

Nigeria

Harga BBM disana juga murah hanya sekitar 0,10 dolar AS/liter atau sekitar Rp 1.250. Nigeria adalah negara yang punya cadangan minyak terbesar ke 10 di dunia.

Namun karena negara ini seringkali dilanda konflik, pemerintah yang berkuasa tak mau gegabah menaikkan harga BBM karena dikhawatirkan akan dibenci rakyat.

Iran

Negeri syiah ini tetap tak mau menaikkan harga BBM meski sejumlah ahli memperkirakan cadangan minyak akan habis 73 tahun mendatang.

Harga BBM di Iran memang murah, hanya 0,11 dolar AS/liter atau sekitar Rp 1.350. Berlimpahruahnya produksi minyak di negara ini menjadi salah satu alasan kenapa BBM murah

Arab Saudi

Negara petro dolar dikenal kaya karena minyak. Raja dan keluarga kerajaan hidup mewah karena berlimpahnya minyak. Negara ini mematok harga BBM hanya 0,12 dolar AS/liter atau sekitar Rp 1.500. Tak heran Arab menjadi importir nomer satu mobil-mobil mewah.

Libya

Berganti pemerintahan bukan berarti berganti kebijakan. Negara ini adalah negara dengan cadangan minyak terbesar di Afrika dan nomer 9 di dunia.

Meski ditinggal Khadaffi dan berganti ke pemerintahan boneka Amerika, harga BBM di Libya masih miring, sekitar 0.14 dolar AS/Liter atau Rp.1.736.

Kuwait

Dulu, Irak mengincar dan menjajah Kuwait karena negara ini punya cadangan minyak kelima terbesar di dunia. Harga BBM nya pun murah, sekitar 0,21 dolar AS/liter atau sekitar Rp 2.516. Seperti Arab, Kuwait adalah negara pengimport kedua terbesar mobil mobil mewah.

Qatar

Dengan produk minyakya yang melimpah dan dengan jumlah penduduk yang tak tertalu besar, Qatar menjadi salah satu negara terkaya di dunia. wajar saja negara ini mempunyai kemampuan untuk menjual minyak yang mahal ke luar negeri dan menjualnya dengan harga murah di dalam negeri.

Sejajar dengan Kuwait dan Arab Saudi, penduduk Qatar hidup bermewah-mewah. Harga BBM sebesar 0,022 dolar AS/liter atau sekitar Rp 2.650

Bahrain

Sebagai negara dengan luas wilayah yang kecil dan mempunyai akses yang luas pada negara- negara produsen minyak, maka jangan heran jika harga BBM di negara ini murah meriah.

Dengan harga 0,27 dolar AS/liter atau sekitar Rp 4.100 masih terbilang murah karena pendapatan perkapita penduduknya diatas 10.000 dolar AS pertahun.

Uni Emirat Arab

United Arab Emirates adalah negara terkaya nomer 4 di dunia. Meski kaya, harga bensinnya murah sekali yaitu 0,37 dolar AS/liter atau sekitar Rp 4.600.

Cukup murah untuk penduduk yang pendapatan perkapitanya diatas 10 ribu dolar AS pertahun.

[Inilah]

To Top