Layanan Publik

Inilah Cara Kota Langsa Tanggulangi Kemiskinan

ACEHTERKINI.COM | Menanggulangi kemiskinan bukan pekerjaan mudah. Untuk itu, Pemerintah Kota Langsa akan terus berusaha bangkitkan daerahnya dari keterpurukan ekonomi masyarakat.

Sejauh ini, Pemerintah hanya mengandalkan dua metode untuk penanggulangan kemiskinan.

Pertama, dengan cara melakukan sistem pendekatan kepada masyarakat secara langsung. Cara-cara ini dilakukan dengan pemberdayaan bantuan yang diperuntukkan bagi kaum dhuafa/warga miskin.

Kedua, metode pemberdayaan sasaran kelompok masyarakat miskin, melalui proses pembelajaran dalam siklus program yang harus mereka jalani.

Berbagai hasil analisis menyebut, kemiskinan terjadi akibat kenaikan harga barang kebutuhan pokok, termasuk harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Persoalan tersebut, seperti disampaikan Walikota Langsa Usman Abdullah SE saat membuka Loka Karya Review Program Penanggulangan Kemiskinan Kota Langsa, di aula Setda Kota melalui Asisten I Pemerintah Kota Langsa, Suriyatno, AP.M.Sp, Kamis (13/11/2014).

Sebagai contoh, yaitu Bantuan Langsung Masyarakat (BLM). Bantuan tersebut, menurut penuturan Walikota, jika dapat dikelola dengan baik InsyaAllah akan berdampak pada  peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat miskin secara berkelanjutan.

Rekapitulasi yang ditunjukan Pemko, angka kemiskinan saat ini di kota administrasi sebagai kota perdagangan itu adalah hanya 13,93 % atau 21.800 jiwa.

Dilihat dari draf tersebut, jika dibandingkan dengan persentase kemiskinan tingkat nasional yang 11,66%, maka tingkat kemiskinan di Kota Langsa masih di atas  rata-rata nasional. [Jamal]

To Top