Lingkungan

Ini Kata BNPB Penyebab Banjir dan Longsor

ACEHTERKINI.COM | Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan ada 589 kabupaten kota di Indonesia yang paling rawan terhadap bencana longsor dan banjir.

Dampak bencana banjir dan longsor cukup besar besar. Untuk tahun 2014, data sementara ada terjadi 1.136 kejadian bencana banjir, longsor & puting beliung.

“Dampaknya 355 orang tewas, lebih 1,7 juta jiwa mengungsi dan menderita, lebih dari 25 ribu rumah rusak. Longsor merupakan jenis bencana yang menyebabkan korban tewas paling banyak,” tulis Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada acehterkini, Kamis (27/11/2014).

Sutopo menjelaskan penyebab banjir dan longsor bukan hanya hujan deras. Hasil resultan dari dampak perubahan iklim global, perubahan penggunaan lahan, bertambahnya jumlah penduduk, urbanisasi, kemiskinan, kerentanan, dan sebagainya yang menyebabkan banjir dan longsor meningkat.

Selama tahun 2014, Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur merupakan daerah yang paling banyak terjadi bencana. Ini berkorelasi dengan jumlah penduduk yang besar di provinsi tersebut. [red]

To Top