Sosial

Hari Guru 2014, Wujudkan Revolusi Mental

ACEHTERKINI.COM | Peringatan Hari Guru Nasional (HGN), Selasa 25 November 2014 diselenggarakan dua bentuk kegiatan yang berskala nasional.

Pedoman petunjuk pelaksanaan Hari Guru dilansir laman Kemendikbud, menyebutkan dua kegiatan tersebut adalah upacara bendera di semua satuan pendidikan, instansi pemerintah dan acara puncak HGN.

Tema perayaan Hari Guru 2014 dan Hari Ulang Tahun PGRI ke-69 adalah “Mewujudkan Revolusi Mental Melalui Peguatan Peran Strategis Guru”.

Penetapan Hari Guru pada 25 November ini ditetapkan melalui SK Presiden Nomor 78 Tahun 1994 yang dikuatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Sejarah Hari Guru

Sebelum kemerdekaan Indonesia, para pegiat pendidikan di nusantara telah mendirikan organisasi bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tahun 1912.

Anggotanya merupakan kalangan Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Penilik Sekolah yang bekerja di sekolah-sekolah yang ada di tanah air.

Kemudian, kuatnya keinginan untuk merdeka dan mendirikan negara sendiri yang bernama Indonesia membuat pengurus dan anggota PGHB mengubah nama organisasi mereka menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) di tahun 1932.

Usai kemerdekaan 17 Agustus 1945, para pengurus dan anggota PGI menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia yaitu tepat di 100 hari setelah tanggal kemerdekaan tersebut, 24 -25 November 1945.

Kongres yang berlangsung di Kota Surakarta tersebut diadakan untuk mengikrarkan dukungan para guru untuk NKRI. Saat itu, nama organisasi PGI pun diperbarui menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Dilansir oleh situs resmi PGRI, karena jasa dan perjuangan yang telah dilakukan oleh para guru di tanah air, maka Pemerintah RI melalui Kepres No 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal berdirinya PGRI sebagai Hari Guru Nasional. [red/*]

To Top