Peristiwa

Gunung Geureutee Longsor Batu, 60 Rumah Terendam Lumpur

ACEHTERKINI.COM | Gunung Geureutee yang pernah direncanakan Amerika bangun jalan terowongan pasca Gempa dan Tsunami 2004 lalu kini mengalami longsor batu akibat hujan deras dan angin kencang di Kabupaten Aceh Jaya.

Rencana Amerika itu gagal, pasca tsunami Gunung Geureutee hanya ilalang saja yang dibersihkan, kondisi jalan masih sempit dan rawan longsor batu.

Ini terjadi pada Minggu (2/11/2014) sekitar pukul 06 wib. Ketua RAPI Aceh Jaya, Rizal Dinata mengatakan Gunung Geurutee lumpuh total, tidak dapat dilalui baik kenderaan roda dua dan empat.

Pasalnya kata Rizal Dinata, bongkahan batu bercampur lumpur menutupi badan jalan. “Tepatnya di Kilometer 68,” kata Politisi Partai Aceh ini.

Rizal dan Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman seharian terus memantau kondisi Aceh Jaya. Jauh dari Gunung Geurutee, Bupati bersama Tim BPBD Aceh Jaya membangun dapur umum di Meudang Ghon, Kecamatan Indra Jaya.

Sekretaris Desa Meudang Ghon, Amrizal mengatakan ada 60 unit rumah masyarakat yang terendam lumpur. “Saat ini ada 51 Kepala Keluarga mengungsi ke SD 5 Kuala Unga,” kata Amrizal kepada acehterkini.

Di Meudang Ghon, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menyalurkan bantuan berupa beras, mie instan, telur dan sejumlah kebutuhan lainnya.

Sekda Aceh, Dermawan meminta Kepala BPBA membangun Posko Bencana di Kaki Gunung Geurreutee untuk melayani masyarakat di Kabupaten Aceh Jaya.

“Kalau Gunung paro tidak bisa ditangani cepat, supaya warga Kecamatan Lhoong tidak terisolir, kita minta pelaksanaan tanggap darurat bisa cepat membuka akses jalan Lhoong–Lamno dengan cara membersihkan bongkahan batu di Gunung Geureutee,” pinta Sekda Aceh, Dermawan dalam pertemuan membahas penanganan bencana longsor lintas barat Aceh, Minggu (3/11/2014) malam di Pendapa Gubernur Aceh. [hendra/fh]

To Top