Lingkungan

Gajah Mengamuk, Kebun Warga Panga Dirusak

ACEHTERKINI.COM | Sekawanan gajah liar merusak kebun pisang, kebun karet dan 2 gubuk warga Panga Pucuk, Kamis (20/11/2014).

Kepala Desa Panga Pucuk, Sulaiman mengatakan ada 10 ekor gajah liar yang sudah dua hari berada di Panga Pucok tepatnya di Gunong Meulinteung, Kabupaten Aceh Jaya.

“Ini sudah sangat sering terjadi, kebun warga sudah terbiasa dirusak oleh gajah liar,” kata Sulaiman Majid kepada acehterkini, Kamis (20/11/2014).

Tokoh masyarakat setempat, Ismail mengatakan aksi gajah liar itu telah merusak kebun pisang seluas 1 hektar milik M. Kasem, tanaman padi darat seluas 3 hektar milik Umar, Razali dan Marwan.

Kemudian gajah liar itu juga menumbangkan kebun karet dan 2 gubuk petani setempat.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Jaya, Saiful Bahri mengatakan konflik satwa liar akan terus terjadi hingga Maret 2015 karena pergantian musim.

Secara terpisah, Kepala BKSDA Aceh, Genman Hasibuan mengatakan konflik satwa ini akan semakin meningkat seiring dengan programnya pemerintah melakukan pengalihan fungsi kawasan diluar hutan untuk pembangunan jalan dan infrastruktur.

“Kita mohon agar kegiatan pembangunan tidak menganggu habitat dan lintas satwa di Aceh,” kata Genman singkat. [Hendra]

To Top