Lingkungan

Buaya dari Aceh Jaya akan Dititipkan Ke Taman Rusa

ACEHTERKINI.COM | Buaya muara yang ditemukan di Lhok Bot, Kabupaten Aceh Jaya, Jum’at (14/11/2014) akan dibawa ke Kantor BKSDA di Banda Aceh.

“Sampai akhir tahun ini kita akan tanggulangi biaya makannya, kami sudah berkoordinasi dengan Jakarta,” kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Genman Hasibuan.

Kepada acehterkini, ia mengatakan kemampuan BKSDA di Aceh masih sangat terbatas.

“Untuk biaya makan satu buaya yang ditemukan ini bisa kami siapkan, masih ada anggaran sampai akhir tahun ini,” katanya.

“Sebenarnya BKSDA tidak memiliki kandang secara khusus untuk buaya, kami akan gunakan kandang burung di belakang kantor BKSDA,” tandasnya.

Tahun depan, kata Genman akan mempertimbangkan kembali buaya muara yang ditemukan di Lhok Bot, Aceh Jaya ini untuk dititipkan ke lokasi rekreasi dan wisata Taman Rusa di Aceh Besar.

“Semua satwa yang ada di Taman Rusa itu milik negara dan dititipkan sampai masa berlaku izin prinsip dari Menteri. Kemudian juga bisa diambil kembali jika pengelola taman rusa tidak memelihara atau merawat satwa-satwa tersebut dengan baik,” katanya.

Ia mengakui lokasi rekreasi dan wisata Taman Rusa itu sedang mengurus izin prinsip sebagai lembaga konservasi ke Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup di Jakarta.

“Kami akan melihat kelayakan kandang di BKSDA untuk buaya dari Aceh Jaya ini, karena bekas kandang burung, mungkin kita akan berkoordinasi untuk kita titipkan di Taman Rusa,” ujar Genman Hasibuan sembari mengatakan bahwa selama ini pemeliharaan satwa di Taman Rusa sangat baik. [red]

To Top