Lingkungan

BKSDA Temukan Satu Ekor Buaya di Aceh Jaya

ACEHTERKINI.COM | Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) akhirnya menemukan satu ekor buaya di kawasan Lhok Bot, Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya, Jum’at (14/11/2014).

Kepala BKSDA Aceh, Genman Hasibuan mengatakan satu ekor buaya sudah ditemukan oleh tim bersama warga pada Jum’at.

“Kita akan bawa buaya tersebut ke Kantor BKSDA di Banda Aceh,” kata Genman.

Menurutnya kawasan itu merupakan habitatnya buaya. “Warga sebaiknya tidak lagi melakukan aktifitas di sungai lhok bot,” kata Genman.

Kepala Desa Lhok Bot, Gunawan kepada acehterkini, Jum’at mengatakan buaya yang ditemukan oleh Tim BKSDA bersama masyarakat itu jenis perempuan.

Dikatakan perempuan, katanya Setelah ditemukan buaya-buaya lain terusik dan mulai bergerak. “Itu pasti buaya betina,” katanya.

Ia menjelaskan buaya ini masuk perangkap sekitar pukul 04.00 wib, panjangnya 6(enam) meter lebih. “Saat ini sedang menunggu mobil untuk dipindahkan ke Kantor BKSDA di Banda Aceh,” katanya.

Gunawan menambahkan masih banyak buaya muara di sungai lhok bot ini. “Kita memiliki 500 hektar rawa-rawa, dan buaya sudah beranak pinak. Anak-anak buaya sering muncul ke permukaan. Sudah tiga orang manusia menjadi korban dan ratusan hewan ternak di makan buaya.

“Kami berharap agar lokasi ini bisa dijadikan tempat wisata atau rekreasi buaya,” katanya.

Harapannya, kata Gunawan bisa memberi nilai tambah bagi masyarakat setempat yang sehari-hari bekerja sebagai petani, mencari ikan dan kayu hutan. [red/hendra]

To Top