Sosial

Bebaskan Sandra, Meriahkan Festival Krueng Aceh

ACEHTERKINI.COM | Pembukaan Festival Krueng Aceh tahun 2014 dimeriahkan dengan atraksi Barongsai dan simulasi penyelamatan sandra dari teroris oleh satuan pukul Kodam IM, Batalyon 112 Raider. Festival ini sambut antusian oleh warga Kota Banda Aceh.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banda Aceh melalui Kepala Bidang Sejarah dan Budaya, Dodi Haikal mengungkapkan bahwa Kota Banda Aceh pernah dikenal sebagai Kota Air.

Dodi menjelaskan Krueng (red-sungai) Aceh sebagai tempat transportasi masa lampau. Sehingga dulu Banda Aceh sebagai Citra Kota Air.

Menurutnya festival ini dibuat untuk mengaja keasrian Krueng Aceh yang bersih dari sampah.

“Festival ini pertama sekali dilakukan pada tahun 2013. Puncak kegiatannya adalah lomba perahu dayung, lomba menangkap bebek,” katanya pada pembukaan Festival Krueng Aceh, Minggu (9/11/2014) di Peunayong Banda Aceh.

Kegiatan satu hari ini dibuka oleh Kepala Staf Kodam Iskandar Muda, Brigjen TNI L. Rudy Polandi yang dimeriahkan oleh atraksi barongsai dari Komunitas HAKKA Tionghoa.

Kasdam mengatakan Festival Krueng Aceh ini juga diwarnai atraksi penyelamatan sandera dari teroris di wilayah perairan. Demontrasi itu diperagakan oleh prajurit Batalyon 112 Raider.

Atraksi barongsai dan simulasi penyelamatan sandera di wilayah perairan ini disaksikan oleh ribuan warga Banda Aceh sangat antusias.[red/*]

To Top