Layanan Publik

333.003 Warga Aceh Utara Wajib KTP

ACEHTERKINI.COM | Realisasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP di Kabupaten Aceh Utara baru berjalan 72 persen.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat memastikan jumlah pengguna e-KTP sudah mencapai 275,731. Sementara jumlah penduduk 27 kecamatan di kabupaten tersebut adalah 622,335 jiwa.

Kepala Disdukcapil Aceh Utara, Muhammad Zulfadli, S.Sos, Sabtu (15/11/2014) mengatakan, jumlah penduduk yang wajib memiliki kartu tanda penduduk (KTP) di kabupaten itu sebanyak 333,003 jiwa.

Percetakan e-KTP di kabupaten itu terbilang lamban. Pasalnya proses pencetakan e-KTP karena masih dilakukan pihak rekanan Kemendagri di Jakarta, sedangkan daerah hanya melakukan perekaman data serta mengirimkannya ke pusat.

Agar proses pencetakan cepat terealisasi, Disdukcapil Aceh Utara berharap kepada pemerintah pusat segera mengirimkan blangko e-KTP ke daerah, sebab semua peralatan percetakan e-KTP sudah tersedia.

Hal itu mengacu pada hasil Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilakukan di Jakarta yang menyebutkan pencetakan e-KTP diserahkan ke daerah. [Jamal]

To Top