Pendidikan

Siswa SUPM Ladong Produksi Kapal Fiber Glass

ACEHTERKINI.COM | Siswa Sekolah Usaha Perikanan Menengan (SUPM) Ladong, Aceh Besar kini sudah bisa memproduksi kapal fiber glass untuk digunakan oleh nelayan di Aceh.

Salah seorang guru SUPM yang membina pembuatan fiber glass , Marjoni kepada wartawan, Jum’at (24/10/2014) mengatakan kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2011, pasca tsunami oleh angkatan 27 siswa SUPM.

“Ini merupakan keinginan SUPM, agar pelajar memiliki ketrampilan khusus, kendalanya tidak ada di kurikulum, sehingga kita hanya menyediakan waktu yang sangat sedikit untuk merakit satu unit speed boat dari fiber glass ini,” kata Marjoni disela-sela kedatangan Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan, Suseno Sukoyono.

Ditambahkan Marjoni, untu membuat satu unit kapal speed boat dari fiber glass ini membutuhkan biaya sebesar Rp45 juta.

“Walaupun dananya tidak ada, saya berinisiasi mengambil uang sendiri untuk membangun galangan pembuatan kapal fiber glass dibelakang ruangan bengkel mesin di SUPM Ladong, untuk belanja bahan kita ambil dari sedikit uang praktek siswa, tahun ini kita sedang membuat dua unit speed boat dari fiber glass,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan prospek yang sangat baik untuk menumbuhkembangkan sektor kelautan dan perikanan di Aceh. “Kayu sudah semakin langka, kedepan speed boat fiber glass ini akan sangat dibutuhkan nelayan,” kata Marjoni.

Pembuatan speed boat fiber glass ini memakan waktu 30 hari dengan 8 jam kerja setia hari dan dibantu oleh 7 orang pelajar.

“Pesanan sudah banyak dari nelayan, yang menjadi kendala kita belum ada dana dan materi pembuatan kapal ini juga tidak masuk dalam kurikulum sehingga tidak menjadi kegiatan yang khusus,” terang Marjoni.

Menanggapi kendala tersebut, Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan, Suseno Sukoyono mengatakan pihak SUPM sudah bisa memasukkan kegiatan inovasi tersebut dalam kurikulum di SUPM.

“Kita akan tingkatkan kegiatan ini, sehingga SUPM bisa mandiri kedepannya,” sambung Kepala Pusat Pendidikan Kementerian Kelautan dan Perikanan, I Nyoman Suyasa.[na]

To Top