Lingkungan

Rawa Tripa Menjadi Hutan Kemasyarakatan

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Aceh akhirnya menetapkan status Rawa gambut tripa dalam Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) di Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya yang merupakan areal eks PT. Kallista Alam seluas 1.605 hektar sebagai kawasan lindung gambut menjadi Hutan Kemasyarakatan.

Kepala Dinas Kehutanan Aceh, Husaini Syamaun mengatakan kawasan eks areal PT. Kallista Alam seluas 1.445 hektar akan menjadi Hutan Kemasyarakat (HKm) yang akan dikelola oleh masyarakat setempat.

Hal itu dikatakannya dalam pertemuan dengan tokoh masyarakat dari 10 desa di Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Rabu (29/10/2014) di Balai Desa Sumber Bakti.

Didampingi Kepala UPTD KPH IV, Usman dan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Nagan Raya, Sudarmansyah, Husaini menambahkan lahan yang sudah ditetapkan menjadi kawasan lindung gambut itu sudah dimasukkan dalam Qanun Nomor 19 Tahun 2013 tentang Tata Ruang Aceh.

“Gubernur Aceh, Zaini Abdullah juga sudah mengeluarkan surat pada tanggal 1 September 2014, nomor 590/33227 perihal tindak lanjut lahan eks PT. Kallista Alam,” kata Husaini Syamaun.

Dijelaskan dalam surat tersebut Gubernur Aceh menetapkan lahan itu menjadi kawasan lindung gambut yang memiliki ketebalan lebih dari 3 meter dan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan pada Dinas Kehutanan Aceh atau UPTD KPH IV.

“Lahan itu sekarang boleh dikelola sebagai Hutan Kemasyarakatan (HKm) oleh masyarakat setempat sampai 35 tahun dan selanjutnya menjadi Hutan Adat, tidak ada sertifikat atas lahan itu karena milik negara,” kata Husaini berharap agar masyarakat tidak menjual lahan tersebut.

Kepala UPTD KPH IV, Usman mengatakan masyarakat boleh membentuk kelompok-kelompok untuk mengelola lahan tersebut dengan berkoordinasi dengan UPTD KPH IV di Aceh Barat.

“Tahap awal dilakukan tapal batas dan penutupan kanal sebelum melakukan kegiatan penanaman untuk mengembalikan kembali fungsi kawasan,” tambah Usman.

10 Desa itu meliputi Desa Sumber Bakti, Pulo Kruet, Alue Kuyun, Alue Raya, Ladang Baro, Kuala Seumayam, Ujong Tanjong, Bateung Brok, Blang Luah dan Desa Markati Jaya. [red/*]

To Top