Sosial

Pulau Rondo Simbol Kedaulatan Indonesia di Aceh

ACEHTERKINI.COM | Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda, Mayjen TNI Agus Kriswanto menegaskan bahwa Pulau Rondo adalah pulau terluar bagian barat wilayah Indonesia.

“Pulau ini adalah pulau andalan simbol kedaulatan negara Republik Indonesia,” tegas Pangdam Iskandar Muda saat melakukan kunjungan kerjanya ke Pulau Rondo, kemarin.

Dihadapat 34 personil TNI yang menjaga Pulau Rondo, Agus Kriswanto mengatakan walaupun kecil, pulau ini tidak boleh di injak-injak bangsa lain, ini adalah Pulau Rondo, simbol kedaulatan NKRI.

Dalam kunjungan tersebut, Pangdam memberikan bantuan untuk menambah stock logistik serta meningkatkan moril prajurit.

Pangdam juga mengajak agar prajurit TNI yang bertugas sebanyak 34 orang ini dapat memanfaatkan alam dengan survival jika logistik mulai menipis.

“Silahkan mencari ikan, bercocok tanam ubi untuk kebutuhan makan sehari-hari,” ujarnya.

Satgas Pulau Rondo berjumlah 34 orang yang terdiri dari 24 Prajurit Marinir TNI AL dan 10 Prajurit Batalyon Infantri 115/ML.

Untuk diketahui Pulau Rondo terletak di Provinsi Aceh yang berbatasan dengan Negara India. Posisinya sangat strategis karena jalur pelayaran international. Pulau Rondo adalah pulau kecil yang ada di wilayah Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Kondisi perairan pulau ini cukup jernih dengan ombak yang tinggi. Jenis ikan hias dan ikan karang, ikan tuna, kakap dan hiu paling banyak di Pulau Rondo. Pulau ini juga menjadi daerah penangkapan ikan. [red/*]

To Top