Sosial

PKK Ambil Peran Strategis Pembangunan Aceh

Untuk Tekan Angka Kemiskinan

ACEHTERKINI.COM | Niazah A Hamid, Ketua Tim Penggerak Pembinaan Keluarga (PKK) Aceh akan mengambil peran strategis dalam mensukseskan implementasi Pembangunan Aceh.

Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Konsultasi Tim PKK Aceh di Anjong Mon Mata, Selasa (14/10/2014).

Undang-Undang tentang Desa mulai diberlakukan tahun depan. “Peran strategis itu mencakup aspek demokrasi, transparansi dan pembangunan fisik,” katanya dalam keterangan tertulis dari Humas Aceh yang diterima acehterkini, tadi.

“Tapi semua aspek itu tidak akan tercapai manakala tidak adanya upaya peningkatan kapasitas di tingkat keluarga. Karena itulah, Tim Penggerak PKK di seluruh Aceh sudah selayaknya memahami apa dan bagaimana implementasi Undang-Undang Desa ditinjau dari aspek kesejahteraan keluarga,” kata Niazah A Hamid.

Rapat konsultasi ini digelar, sebut Niazah, untuk membahas persoalan yang terjadi di lingkungan keluarga masyarakat Aceh. Melalui pertemuan ini, pihaknya berharap lahir sejumlah rekomendasi terkait langkah-langkah yang harus dilakukan ke depan.

Hadir dalam kesempatan itu antara lain, Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi, Para Ketua dan pengurus Tim penggerak PKK Kabupaten/kota se-Aceh, Kepala Badan Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak tingkat Provinsi dan Kabupaten/kota se- Aceh, Perwakilan Perbankan, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Niazah A Hamid berharap, tugas-tugas yang rancang PKK bisa berjalan seiring dengan program kesejahteraan yang dilaksanakan Pemerintah Aceh dan Pemerintah kabupaten/kota.

Dikatakan Ummi Niazah, masalah kesejahteraan rakyat adalah masalah kompleks yang tidak bisa ditangani oleh pemerintah semata.

Sebagai contoh, jelas Niazah, dapat dilihat dari Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Dengan terlaksananya undang-undang desa itu, pihaknya berharap tingkat kemiskinan di pedesaan Aceh yang mencapai 21 persen, bisa ditekan melalui program kesejahteraan rakyat di berbagai bidang.

Niazah juga mengatakan, Tim Penggerak PKK di seluruh Aceh secara nyata siap membantu tugas-tugas Pemerintah dalam membangun kesejahteraan rakyat. “Kiranya Pemerintah Kabupaten/kota se- Aceh juga mendukung penuh program kesejahteraan rakyat yang dirancang Tim Penggerak PKK di daerah,” harap Niazah. [red/*]

To Top