Sosial

Pelantikan Rektor IAI Almuslim Diwarnai Protes Mahasiswa

ACEHTERKINI.COM | Pelantikan rektor dan wakil rektor Institute Agama Islam (IAI) Almuslim Kabupaten Bireuen – Aceh, Minggu (19/10/2014) diwarnai tuntutan dari kalangan mahasiswa/i kampus tersebut.

Dr. Saifullah S.Ag M.Pd ditetapkan sebagai Rektor IAI Almuslim oleh Ketua Yayasan Almuslim, Yusri Abdullah. Penetapan tersebut disaksikan Rektor Universitas Almuslim, Dr. Amiruddin Idris.

Rektor IAI Almuslim yang juga Kepala Badan Dayah Kabupaten Bireuen ini melantik pengurus diantaranya Abdul Gani Lc. MA sebagai Wakil Ketua I, Azhari Ishak Wakil Ketua II dan Nazaruddin Abdullah sebagai Wakil Ketua III. Kemudian Nuraida S.Pdi sebagai Ketua Prodi Bahasa Arab.

Dipelataran kampus tersebut, puluhan mahasiswa menggelar orasi menyampaikan beberapa tuntutan. Para mahasiswa/i meminta agar rektor yang baru dilantik ini mengutamakan kepentingan tugasnya sebagai rektor bukan sebagai Kepala Badan Dayah.

Para mahasiswa juga meminta agar rektor dapat memperjelas status dosen tetap tidak tercatat sebagai guru PNS. Mendesak rektor untuk memperjelas SK seluruh civitas akademika yang bertugas di IAI Almuslim dengan aturan yang berlaku dan bekerja sesuai dengan bidangnya.

Azhari dan Afrijal koordinator aksi mahasiswa juga mendesak agar dana khusus untuk kegiatan mahasiswa dapat dialokasikan. Sejumlah rekomendasi tersebut langsung diterima oleh rektor IAI Almuslim setelah pelantikan.

Dr. Saifullah menanggapi tuntutan mahasiswa/i ini sangat tepat dan patut diberikan apresiasi. Delapan rekomendasi yang disampaikan itu akan ditelaah untuk dapat ditindaklanjuti sesuai peraturan yang berlaku.

“Semua pihak harus bisa bekerjasama agar kampus Almuslim bisa dikelola dengan baik,” ujar Dr. Saifullah. [Tarmizi]

To Top