Kesehatan

MoU Open Puskesmas Ditandatangani

ACEHTERKINI.COM | Masyarakat Transparanasi Aceh [MaTA] dan Balai Syura Ureung Inong Aceh [BSUIA] yang tergabung dalam Koalisi untuk Reformsi Birokrasi [KRB] Kota Banda Aceh bersama Pemerintah Kota Banda Aceh meluncurkan Model Puskesmas Terbuka.

Abdullah Abdul Muthalib dari MaTA mengatakan Model Puskesmas Terbuka ini akan diluncurkan dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman penyedia layanan di sektor kesehatan tentang Undang-Undang Keterbukaan Informasi publik.

Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh, Media Yulizar memberika apresiasi terhadap gagasan MaTA dan BSUIA ini. “Model Puskesmas Terbuka kita dukung,” kata Media Yulizar.

“Rencana peluncuran Model Puskesmas Terbuka ini melalui seminar Keterbukaan Informasi Publik Sektor Kesehatan,” ujarnya Senin (27/10/2014).

Abdullah Abdul Muthalib menambahkan seminar ini diakhir dengan penandatanganan kesepahaman mewujudkan “Open Puskemas” berdasarkan keterbukaan informasi publik di Kota Banda Aceh.

Nota Kesepahaman ini ditandatangi oleh para pihak yang terdiri dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Komisi Informasi Aceh dan Koalisi untuk Reformasi Birokrasi [KRB] Kota Banda Aceh.

Para pihak yang menandatangani Nota Kesepahaman ini berkomitmen paling lambat pada April 2015, minimal terdapat dua unit Puskesmas yang dideklarasikan sebagai pilot project  menuju “Open Puskesmas di Kota Banda Aceh.

Deklarasi dimaksud akan diselenggarakan dalam momentum memperingati Hari Ulang Tahun [HUT] Pemerintah Kota Banda Aceh pada bulan April 2015 mendatang. [red/*]

To Top