Layanan Publik

Labuhanbatu Studi Banding Program UKS Aceh Besar

ACEHTERKINI.COM | Tim Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin Rahmat Hidayat Rambe M.Pd melakukan study banding keberhasilan penerapan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN Unggul Lampeuneurut Kecamatan Darul Imarah dan SMAN 1 Unggul Lhoknga, Aceh Besar, Kamis (30/10/2014).

Kedatangan tim dari Kabupaten Labuhanbatu tersebut didampingi Wakil Bupati Aceh Besar Drs H Syamsulrizal MKes, para Asisten Setdakab Aceh Besar, Kabag Umum Setdakab Aceh Besar Hamdani Basyah SH, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, Kepala SKPD, Kepsek SDN Unggul Lampeuneuruet Murniaty SPd dan Kepsek SMAN 1 Unggul Lhoknga Elly Suzana SPd, para guru dan tokoh-tokoh masyarakat.

Rahmat Hidayat menjelaskan studi banding tersebut dimaksudkan untuk menggali ilmu dan belajar banyak atas sejumlah prestasi yang telah diraih oleh sekolah di Aceh Besar dalam penerapan Program UKS selama ini.

“Pemkab Labuhanbatu mendapat informasi bahwa selama ini Program UKS di Aceh Besar telah banyak mengukir prestasi, baik di level daerah maupun nasional. Karena itu, kami ingin belajar atas keberhasilan yang diraih Aceh Besar tersebut,” ungkap Rahmat Hidayat.

Wabup Aceh Besar Drs Syamsulrizal MKes menjelaskan berbagai prestasi telah diraih oleh beberapa sekolah dalam hal pelaksanaan Program UKS. Di antaranya adalah tahun 2010 juaran 1 Tingkat Provinsi Aceh (SMP 1 Peukan Bada dan SMA 1 Peukan Bada), Tahun 2011 juara II Provinsi Aceh (SDN Siem), Tahun 2012 Juara II tingkat Provinsi Aceh (SMA 1 Lhoknga), dan tahun 2014 juara 1 SDBS Tingkat Provinsi Aceh (SDN Unggul Lampeuneuruet).

Sedangkan jumlah sekolah yang telah dibina melalui Program UKS di Aceh Besar meliputi SD/MI sebanyak 267 sekolah, SMP/MTs sebanyak 102 sekolah, dan SMA/MA sebanyak 56 sekolah.

Tujuan pembinaan UKS di Aceh Besar, tambah Wabup antara lain agar para siswa memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat, serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. [red/*]

Berikut Daftar Prestasi UKS di Aceh Besar:

  1. Tahun 2006, Juara II Tingkat Provinsi Aceh (SDN 1 Lambheu)
  2. Tahun 2007, Juara I Tingkat Provinsi Aceh
  3. Juara III Tingkat Nasional (SDN Lambheu)
  4. Tahun 2008, Juara I Tingkat Provinsi Aceh
  5. Juara II Tingkat Nasional Sekolah Berwawasan Lingkungan (SDN Lambheu)
  6. Tahun 2009, Juara I Tingkat Provinsi Aceh
  7. Juara IV Tingkat Nasional (SDN Lambheu)
  8. Tahun 2009 Juara I Tingkat Provinsi Aceh (SMP 1 Peukan Bada)
  9. Tahun 2010, Juara I Tingkat Provinsi Aceh (SDN Lambheu)
  10. Juara II Tingkat Nasional (SDN Lambheu)
  11. Tahun 2010 Juara I Tingkat Provinsi Aceh (SMP dan SMA 1Peukan Bada)
  12. Tahun 2011 Juara II Tingkat Provinsi Aceh (SDN Siem)
  13. Tahun 2012 Juara II Tingkat Provinsi Aceh (SMA 1 Lhoknga)
  14. Tahun2014 Juara I, SDBS Tingkat Provinsi Aceh (SDN Unggul Lampeunerut)

To Top