Sosial

Kodam IM Sosialisasikan Undang-Undang Veteran

ACEHTERKINI.COM | Kepala Staf Kodam IM Brigjen TNI Luczisman Rudy Polandi di dampingi Ketua Tim Ditjen Pothan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Kolonel Inf Muktar Lutfi membuka acara sosialisasi UU RI No. 15 Tahun 2012 tentang Veteran di Hotel Hermes Palace, Kamis (16/10/2014).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Perwakilan Kakanmin dan Perwakilan Veteran Aceh.

Luczisman Rudy Polandi mengatakan disahkannya UU RI No. 15 Tahun 2012 tentang Veteran ini merupakan momentum berharga bagi bangsa Indonesia untuk menghargai dan menghormati jasa-jasa dan pengorbanan para Veteran RI.

Undang-undang Veteran ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan bagi para veteran dan pensiunan TNI yang telah membela Negara serta mengakomodir aspirasi dan kepentingan veteran.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya,” ujar Luczisman Rudy Polandi membaca amanah Pangdam IM, Mayjen TNI Agus Kriswanto.

Untuk diketahui, hak-hak yang akan diperoleh veteran melalui Undang-Undang tersebut mulai dari tunjangan dan dana kehormatan bagi pejuang, janda, duda dan yatim piatu. Tunjangan veteran dibagi beberapa golongan sesuai dengan masa perjuangan veteran dan peristiwa keveteranan.

Para veteran juga diberikan dana bantuan kesehatan, transportasi publik serta perlindungan hukum.

Dalam UU itu, juga ada hak keringan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan serta beasiswa bagi putra-putri veteran di sekolah menengah hingga Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Veteran berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan untuk mereka yang mendapatkan bintang gerilya. [red/*]

To Top