Layanan Publik

Ketua PWI Aceh: Wartawan Minimal Berijazah D-III

ACEHTERKINI.COM | Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh, Tarmilin Usman mengatakan pada tahun 2015 setiap wartawan minimal memiliki pendidikan D-III.

Hal tersebut disampaikan Tarmilin Usman saat menghadiri rapat konperensi ke-III, Kamis (30/10/2014) di Gedung PWI Aceh Tenggara.

Lanjut Tarmilin, nara sumber berhak menolak diwawancarai pada wartawan yang belum memiliki sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Wartawan memiliki minimal ijazah D-III,” katanya saat didampingi Mantan Ketua PWI Aceh, Adnan NS.

“Pada tanggal 7-8 November 2014 ini PWI akan mengadakan UKW di Banda Aceh juga untuk umum, PWI sebagai salah satu lembaga yang memiliki sertifikasi untuk melakukan UKW,” kata Tarmilin.

Pelaksanaan konperensi ini dihadiri ini Bupati Aceh Tenggara, Hasanuddin B, Wakil Bupati Aceh Tenggara, Ali Basrah dan Ketua DPRK Definitif, Irwandi Deski SP.

Pada kesempatan itu, Bupati Aceh Tenggara, Hasanuddin B mengatakan wartawan harus mendapat pendidikan dan pelatihan sebelum mengikuti Ujian Komptensi Wartawan (UKW).

“Untuk memenuhi kriteria wartawan yang bersandar di PWI harus memiliki ijazah D-III, saya sarankan untuk Kuliah di Universitas Gunung Leuser (UGL), maka biaya pendidikan tersebut secara khusus akan kita prioritaskan,” demikian Bupati Aceh Tenggara, Hasanuddin B. [Dinni]

To Top