Hukum

Kelompok Abu Minimi DPO, Polisi Bentuk Tim

ACEHTERKINI.COM | Kapolres Aceh Timur AKBP Muhajir mengomentari perkara Din Minimi. Polisi akan membentuk tim khusus untuk meringkus pelaku kriminal yang mengatasnamakan Eks GAM itu.

“Kita menyatakan Aceh Timur ini kondusif. Komplotan bersenjata ini sudah kita DPO kan semua,” kata Muhajir, Minggu (12/10/2014).

Din Minimi adalah salah seorang eks Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang bernama aslinya Nurdin (39). Kini Nurdin bersama komplotannya telah dijadikan Daftar Pencarian Orang (DPO).

Polisi menyatakan komplotan Din Minimi telah melakukan banyak tindakan kriminal selama ini di Aceh Timur, namun Polisi tak pernah berhasil menangkapnya.

“Berdasarkan laporan, kelompok Din Minimi telah melakukan lima kasus di Aceh Timur,” kata Kapolres.

Kapolres merincikan, kasus-kasus kriminal yang dilakukan Din Minimi ini seperti kasus penculikan warga Skotlandia pada Juni 2013 lalu, kasus perampokan Mobil PT Citra Panji Manuggal, kasus perusakan TPU pada Pemilu, termasuk beberapa kasus kriminal lainnya.

Komplotan tersebut, kata Muhajir, sebenarnya sudah setahun yang lalu dijadikan DPO. Namun, upaya Polisi belum juga berhasil hingga sekarang.

Kasus ini semakin hangat dibicarakan, apalagi beberapa hari yang lalu kelompok bersenjata laras panjang itu berusaha nekat dan mengunjuk diri di kawasan hutan perantara Aceh Timur.

Sebelumnya kelompok bersenjata ini yang merupakan mantan kombatan Angkatan Gerakan Aceh Merdeka (AGAM) menuntut keadilan kepada Pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf yang juga mantan petinggi Angkatan Gerakan Aceh Merdeka (AGAM).[Jamal]

To Top