Sosial

Ke Aceh, Anda Bisa Singgah Di Warung Kopi Ini

ACEHTERKINI.COM | Belum lengkap rasanya kalau ke Aceh tidak minum kopi. Negeri “1001” warung kopi ini memiliki khas penyajian kopinya yang tersendiri. Dua jenis terkenal Robusta dan Arabica adalah kopi yang nikmat untuk sungguhi.

Penelusuran selama sepekan yang dilakukan acehterkini menjelang #Sangerday 12 Oktober membuahkan hasil. “1001” warung kopi belum terjamah. Namun bagi anda yang datang ke Kota Banda Aceh, cukup singgah menikmati kopi di warung-warung ini:

  1. Solong Mini, letaknya di Lampineung Banda Aceh. Di warung ini banyak sajian khas. Kopi sanger menjadi andalan Solong Mini. Setiap hari dipadati penikmat kopi dari berbagai penjuru Aceh. Disini juga anda bisa membuat agenda nonton bareng sepak bola. Induknya ada di Simpang Tujuh Ulee Kareeng, namanya Warung Kopi Solong, memiliki cabang yang banyak di Kota Banda Aceh.
  2. Zakir Kopi, anda bisa mendatangi warung ini di empat lokasi. Zakir Kopi ada di Keutapang dan di Jalan Taman Makam Pahlawan. Kemudian ada juga di Jalan T. Nyak Arief, samping Kantor PLN Wilayah dan di Darussalam. Menurut rencananya Zakir Kopi akan terus mengembangkan sayapnya di Kota Banda Aceh.
  3. Cut Nun, warung kopi tertua di Kota Banda Aceh. Warung ini terus berkembang di Kota Banda Aceh. Lokasinya Di Ulee Kareeng, di Lampineung dan di Jalan T. Nyak Arief Jeulingke yang selalu penuh dipadati konsumen.
  4. Taufik Kopi, warung kopinya sesuai nama pemiliknya, Taufik. Ia juga sudah membuka cabang yang banyak di Kota Banda Aceh. Setiap hari ramai dikunjungi konsumen.
  5. Zamzam Kopi, satu-satunya warung yang menyediakan Kopi Arabica yang berkualitas ekspor. Pemiliknya Nurdin, warga Daratan Tinggi Gayo seorang petani sekaligus pengusaha kopi. Menu International dengan harga yang terjangkau menjadi andalan Zamzam Kopi. Ingin menikmati kopi arabica asli gayo, silahkan datang ke Zamzam Kopi. Lokasinya Jalan Muhammad Hasan, Batoh.
  6. Sada Cafe, warung ini juga menyediakan kopi arabica dari daratan tinggi gayo. Warungnya sangat sederhana, Kopi Kacau sajian khas Sada Kopi. Lokasinya di Lamprit, berdekatan dengan Taman Ratu Sulthanah Safiatuddin Kota Banda Aceh.
  7. Dhapu Kupi, warung yang paling ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah. Lokasinya sangat strategis, Dhapu Kupi berada di Simpang Surabaya. Sambil minum kopi anda juga bisa menikmati kacang rebus. Dhapu Kupi juga ada cabangnya di kawasan Punge Kota Banda Aceh.
  8. Tower Cafe, Warung kopi ini juga ramai disambangi warga dari berbagai daerah. Lokasinya di pusat Kota Banda Aceh. Tidak jauh dari Mesjid Raya Baiturrahman, anda bisa berjalan kaki ke Simpang Lima dan bisa menikmati kopi di Tower Café, tak jauh dari tempat itu anda juga bisa menuju lokasi lain, persis di belakang Kentucky Fried Chiken (KFC) di Jalan T. Nyak Arief.
  9. Ringroad Cafe, lokasinya satu komplek. Disini ada Warung makanan Ayam Kampung, restorant dan lengkap Hotelnya. Lokasinya juga strategis di depan Terminal angkutan darat penumpang bus dan mini bus Kota Banda Aceh di Jalan Muhammad Hasan.
  10. Kopi ayah beurawe, warung kopi tertua di Aceh. Warung Kopi ayah hanya buka dari pagi sampai sore, paling ramai di kunjungi, anda singgah ke warung ayah, pasti berbeda rasa kopinya.

Paling unik juga ada di Kabupaten Aceh Barat. Disini terkenal dengan kopi terbalik, cara minumnya juga berbeda dengan kopi-kopi biasa.

Menikmati secangkir kopi panas khas Aceh menjadi suatu keharusan yang tidak boleh dilewatkan ketika anda berkunjung ke Aceh. Situs Indonesia Travel menyebutkan, Aceh memberikan konstribusi sebesar 40 persen dari produksi kopi di Indonesia. Produksi kopi dari dataran tinggi gayo dan Lamno, Aceh Jaya merupakan produsen terbaik kopi Indonesia.

Penelusuran ini adalah bagian kecil dari sekian banyak Warung Kopi di Banda Aceh. Anda bisa duduk sepuasnya, menggunakan internet dengan jaringan WiFI secara gratis. Banyak warung kopi di Aceh juga menyediakan nonton bareng dan ruang-ruang pertemuan, banyak pilihan bagi anda memilih tempat. Selamat menikmati. [red]

To Top