Nasional

Kapal Perang Amerika Bersandar di Medan

Kunjungi SMA-SMA dan Kampus Di Medan

ACEHTERKINI.COM | Kapal fregat Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Rodney M. Davis beserta ke-200 awaknya akan mengunjungi Medan, Sumatera Utara pada tanggal 23-27 Oktober 2014.

Dan pada tanggal 25 Oktober, Sekretaris Angkatan Laut AS (pejabat sipil yang memimpin Departemen Angkatan Laut AS), Ray Mabus akan tiba di Medan untuk bertemu para awak diatas kapal frigat tersebut dan mengikuti sebuah acara resepsi bersama para perwira militer Indonesia, pejabat-pejabat pemerintah, pengusaha-pengusaha dan para pemuka masyarakat setempat.

Di atas kapal tersebut, Mabus akan bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia, Laksamana TNI Marsetio, dan beberapa gubernur dari pulau Sumatera.

Dalam resepsi itu mereka akan mendiskusikan berbagai topik, termasuk juga pentingnya kemitraan antara angkatan-angkatan laut AS dan Indonesia serta berbagai kesempatan-kesempatan kerjasama militer antara kedua negara di masa depan.

Sebelum tiba di Pelabuhan Belawan, kapal tersebut akan melakukan berbagai latihan komunikasi dan manuver bersama Angkatan Laut Indonesia.

Komandan kapal tersebut, Commander (setingkat Letnan Kolonel AL) Todd Whalen mengatakan bahwa ia sangat senang dapat mengunjungi Indonesia.

Rodney M. Davis memiliki banyak sejarah hubungan dekat dengan para mitra kami di kawasan Asia-Pasifik. Saya bersama para awak saya sebelumnya telah berkerjasama dengan Angkatan Laut Indonesia dalam berbagai latihan-latihan bilateral maupun multilateral, dan kami sangat senang dapat mengunjungi Medan untuk mengembangkan lebih jauh komunikasi, interaksi, dan hubungan dekat diantara kedua negara selain juga memupuk persahabatan dengan teman-teman baru.

Para awak dari kapal ini akan mengunjungi SMA-SMA setempat dan kampus Universitas Sumatera Utara untuk berdiskusi tentang perkerjaan dan kehidupan mereka sehari-hari di atas kapal, selain juga menunjukan langsung kepada para siswa tentang bagaimana beragamnya para personil Angkatan Laut Amerika Serikat.

Kegiatan ini merupakan salah satu usaha untuk mendukung siswa-siswa di Sumatera dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka serta mendapatkan pengertian yang lebih mendalam tentang Amerika Serikat dan rakyatnya.

Komandan kapal USS Rodney M. Davis dan para awaknya, bersama Atase Angkatan Laut AS untuk Indonesia, Captain (setingkat Kolonel AL) Robert Stacpoole, Konsul AS untuk Sumatera Robert Ewing, dan tim dari Konsulat AS akan bergabung dengan organisasi-organisasi lingkungan hidup setempat dan Walikota beserta para pejabat Kotamadya Medan untuk membersihkan dan mempercantik sebuah taman di kota tersebut.

Kegiatan ini mencerminkan tujuan-tujuan bersama yang meliputi berbagai bidang, termasuk juga menjaga lingkungan hidup serta mendorong partisipasi warga untuk berbakti dalam masyarakat mereka.

Kapal ini adalah sebuah kapal fregat peluru kendali kelas Oliver Hazard Perry yang berpatroli di  bawah komando Armada Ke-7 AS untuk mendukung keamanan dan stabilitas di Samudera India dan Kawasan Asia-Pasifik.

Pada bulan Agustus 2014 lalu, kapal ini ikut dalam kegiatan maritim ‘Sail Raja Ampat’ yang diselenggarakan oleh Indonesia di perairan Papua Barat dan melibatkan lebih dari 50 kapal dari Indonesia, Singapura dan Australia.

Sebelumnya, kapal ini juga melakukan patrol anti-narkoba di lepas pantai Amerika Selatan. Kapal ini mendapatkan namanya dari Sersan Marinir Rodney M. Davis, yang mendapatkan penghargaan tertinggi militer AS, Medal of Honor, secara anumerta berkat jasa-jasa kepahlawanannya dalam Perang Vietnam. [red/*]

To Top