Nasional

Inilah Sumpah Presiden RI ke -7, Joko Widodo

ACEHTERKINI.COM | Joko Widodo sudah sah menjadi Presiden RI untuk periode 2014-2019.

Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla mengucapkan sumpah presiden dan wakil peesiden di hadapan sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang digelar di Gedung MPR, Senin (20/10/2014).

“Demi Allah saya bersumpah akan mememnuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya,” kata Jokowi sekitar pukul 10.30 WIB.

Sumpah Presiden tersebut menandai peresmian Jokowi menjabat sebagai Presiden ke-7 Indonesia setelah Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Usai pengucapan sumpah Presiden dan Wakil Presiden serta dikuti penandatanganan oleh Jokowi dan Jusuf Kalla, Jokowi dan SBY bertukar tempat duduk. begitu pula Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Boediono.

Pelantikan Jokowi-JK merupakan agenda tunggal dalam rapat paripurna MPR yang dipimpin ketua MPR Zulkifli Hasan tersebut.

Acara pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB dan dihadiri 672 dari 682 anggota MPR.

Dalam kesempatan tersebut juga dihari oleh para mantan Presiden diantaranya BJ Habibie, Megawati Soekarno Putri. Sementara mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Alm) diwakili istrinya Shinta Nuriyah.

Tampak pula sejumlah mantan Wakil Presiden diantaranya Try Sutrisno dan Hamzah Haz.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto juga terlihat hadir dan menyalami Megawati, Ketua Umum PDIP. Kehadiran Prabowo disambut tepuk tangan anggota DPR dan MPR. Namun suasana sempat riuh ketika dalam sambutan Joko Widodo menyebutkan Prabowo sebagai sahabat.

[red/inilah]

To Top