Ekonomi

Inilah Enam Sektor Andalan Kota Langsa

ACEHTERKINI.COM | Langsa, adalah satu-satunya kota yang dibentuk pada 17 Oktober 2001. Kota yang telah dipimpin enam Walikota itu hanya mampu mengandalkan enam sektor unggulan hingga tahun 2014 ini.

Wali Kota Langsa Usman Abdullah SE mengatakan, enam sektor unggulan tersebut yakni bidang perdagangan, perhotelan dan restoran, sektor industri, sektor pertanian tanaman pangan, sektor perikanan dan kelautan serta sektor perkebunan.

Enam sektor unggulan yang tengah diandalkan oleh kepemimpinan Wali Kota Usman Abdullah dan Wakil Wali Kota Drs. Marzuki Hamid ini akan terus dipertahankan.

“Kita terus mengupayakan peningkatan terhadap sektor-sektor ini,” kata Usman kepada media ini, Jum’at (17/10/2014).

Menurut orang nomor satu di periode 2012-2017 ini, sektor perdagangan, perhotelan dan restoran adalah satu-satunya sektor yang terbilang tengah beranjak di Kota Langsa.

Sektor perikanan dan kelautan juga tak kalah maju dikota yang berjumlah 157.011 penduduk ini. Sebab, secara fotografi, Kota Langsa terletak pada daratan aluviasi pantai dengan elevasi sekitar 8 meter dari permukaan laut.

“Mudah-mudahan tahun depan banyak perubahan,” kata Wali Kota yang akrab disapa Toke Sueum ini.

Untuk diketahui, Badan Pusat Statistik Aceh menyebutkan sektor yang memegang peranan paling besar dalam pembentukan PDRB Kota Langsa adalah sektor perdagangan, hotel dan restoran sebesar 27,97 persen dari total PDRB Langsa. Kemudian sektor jasa-jasa lain sebesar 15,39 persen dan sektor industri pengolahan mencapai 12,94 persen.

Sedangkan potensi tanaman pangan yang paling dominan selain padi adalah jagung, kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar. Untu sektor perkebunan, Kota Langsa mengandalkan Kelapa Sawit, Kelapa, Karet, Kakao dan Pinang.[Jamal]

To Top