Pendidikan

Husnul Raih Anugerah Peduli Pendidikan Nasional

ACEHTERKINI.COM | Husnul Khatimah S.PdI, perempuan peduli pendidikan asal Desa Lambirah, Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar meraih prestasi tingkat nasional, yaitu Anugerah Peduli Pendidikan (APP) Tahun 2014 yang diserahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Prof DR Mohammad Nuh, di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Hadir dalam kesempatan itu, Wabup Aceh Besar Drs H Syamsulrizal MKes.

Sebelumnya, alumnus Fakultas Tarbiyah Jurusan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh yang pernah mengikuti youth leadership camp ke Australia pada tahun 2012 ini juga menerima penghargaan Pelita Nusantara.

Penghargaan ini diberikan Kemendikbud kepada 25 penerima asal berbagai provinsi di Indonesia. Husnul yang kelahiran 3 Februari 1992 ini menerima penghargaan untuk kategori individual/inovator pendidikan, dan merupakan satu-satunya penerima asal Provinsi Aceh, bahkan untuk Pulau Sumatera pada tahun 2014.

“Alhamdulillah, prestasi ini merupakan kebahagiaan bagi dunia pendidikan di Aceh Besar,” ungkap Husnul, saat baru kembali dari Jakarta di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, Kamis (16/10/2014).

Dalam kiprahnya, Husnul menggagas Taman Pendidikan Masyarakat (TPM) di Desa Lambirah, Kecamatan Sukamakmur, yang hingga kini ikut mendidik sekitar 100 anak-anak usia sekolah di desa tersebut.

Gadis yang hobi membaca ini awalnya memiliki kekhawatiran terhadap rendahnya minat belajar anak-anak di pedalaman Aceh Besar karena hadirnya play station. Kemudian, ia menggagas lahirnya TPM Tanyoe.

Pemberian APP, tambah Husnul, merupakan aspirasi Kemendikbud Republik Indonesia kepada pemangku kepentingan pendidikan yang telah menunjukkan komitmennya terhadap pentingnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa di masa yang akan datang.

Sementara itu, Wabup Aceh Besar Drs H Syamsulrizal MKes sangat berbahagia atas prestasi tingkat nasional yang diraih Husnul Khatimah dalam ikut memberikan kontribusi bagi kemajuan dunia pendidikan.

“Prestasi yang diraih Husnul Khatimah ini sangat positif dalam meningkatkan harkat dan martabat dunia pendidikan Aceh Besar,” demikian Wakil Bupati Aceh Besar, Syamsulrizal. [red/*]

To Top