Sosial

Hamdani Basyah Pimpin PMI Aceh Besar

ACEHTERKINI.COM | Hamdani Basyah SH terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Besar periode 2014-2019 dalam Musyawarah Kabupaten (Muscab) Ke-3 di Markas PMI Aceh Besar di Gampong Bada, Kecamatan Ingin Jaya, Kamis (9/10/2014).

Kepala Bagian Umum Setdakab Aceh Besar ini ditetapkan secara aklamasi memimpin lima tahun PMI Aceh Besar.

Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Aceh Besar Drs H Syamsulrizal MKes tersebut dihadiri pengurus PMI Aceh H Thanthawi Ishak SH, Ketua DPRK Aceh Besar Sulaiman SE, sejumlah anggota DPRK Aceh Besar, Asisten I Setdakab Aceh Besar Drs Mukhtar MSi, Ketua PMI Banda Aceh Kamaruzzaman Haqni, kepala SKPD, Muspika Ingin Jaya, relawan PMI, pengurus KSR, dan PMR se-Aceh Besar.

Ketua penyelenggara Muskab Ke-3 PMI Aceh Besar Drs Saiful Fata melaporkan, kegiatan sehari tersebut dihadiri 31 utusan yang terdiri dari 28 peserta dari pengurus PMI Kecamatan, 1 orang peserta dari PMI Kabupaten, 1 peserta pengurus PMI Provinsi Aceh, serta 1 orang pengurus KSR. Muscab menjaring kandidat ketua dan menetapkan satu orang sebagai ketua terpilih yang akan memimpin kepengurusan PMI Aceh Besar periode 2014-2019.

Ketua PMI Aceh Besar periode 2014-2019 yang baru terpilih, Hamdani Basyah juga berharap kepada seluruh komponen masyarakat, pengurus, relawan, serta keluarga besar PMI Aceh Besar agar bersama-sama memajukan organisasi untuk mewujudkan pengabdian PMI dalam misi kemanusiaan di daerah tersebut.

“Alhamdulillah, dengan kepercayaan ini, saya berharap semua pihak mendukung setiap kegiatan PMI di Aceh Besar,” ungkap Hamdani Basyah yang juga Kabag Umum Setdakab Aceh Besar tersebut.

Sebagai catatan, PMI Aceh Besar telah aktif sejak 15 tahun lalu. Saat ini, telah hadir 14 PMI tingkat Kecamatan dengan  jumlah relawan mencapai 736 orang.

Peran PMI Aceh Besar yang paling monumental adalah saat musibah gempa dan tsunami menerjang Aceh pada 26 Desember 2004. Ketika itu, di markas PMI Aceh Besar yang terletak di Bundaran Lambaro Kecamatan Ingin Jaya telah dievakuasi sekitar 7.000 mayat korban tsunami selama empat hari lamanya. Akhirnya, para syuhada tsunami tersebut dimakamkan di kuburan massal di Gampong Bada Kecamatan Ingin Jaya.

Wakil Bupati Aceh Besar Drs Syamsulrizal Mkes berharap agar PMI dapat terus berbuat dan memberikan kontribusi bagi masyarakat dan daerah, serta mengutamakan pelayanan pada masyarakat sehingga dapat memberi dampak positif sesuai dengan kebutuhan masyarakat. [red/*]

To Top