Sosial

Guru Dominasi Kasus Perceraian Di Banda Aceh

ACEHTERKINI.COM | Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Banda Aceh, Dra. Emila Sovayana mengungkapkan kasus perceraian yang terjadi di PNS Kota Banda Aceh didominasi oleh Guru.

Hal tersebut disampaikan disela-sela acara sosialisasi PP 45 1990 dan PP 53 Tahun 2010 di Aula Lantai IV Gedung A, Balai Kota Banda Aceh, Selasa (28/10/2014).

Emila mengatakan sampai Bulan Oktober 2014 ini tercatat 20 kasus perceraian di Banda Aceh. Sebanyak 80 persen didominasi oleh guru.

“Meski tergolong angkanya sangat kecil dari jumlah PNS Kota yang mencapai 6000-an orang lebih, namun fenomena ini merupakan sesuatu hal yang mengkhawatirkan, mengingat persoalan ini tentunya berimbas terhadap kinerja seorang PNS itu sendiri,” ujarnya.

“Penyebab kasus perceraian ini diantaranya KDRT dan persoalan ekonomi,” kata Emi.

Kegiatan sosialisasi PP nomor 45 dan PP nomor 53 yang dilakukan, salah-satunya untuk meminimalisir terjadinya kasus perceraian PNS Kota dan juga pembinaan terhadap karir PNS.

Emi menambahkan ke dua PP ini pada prinsipnya adalah untuk memproteksi PNS itu agar tidak terjadi perceraian dan perilaku indisipliner.

“PP ini sebenarnya bukan untuk menjerat PNS, namun lebih kepada upaya proteksi terhadap PNS agar tidak melakukan perceraian dan tindakan indispilner yang justru merugikan PNS itu sendiri” kata Asisten Administrasi Umum, Kota Banda Aceh, M. Nurdin. [red/*]

To Top