Ekonomi

Gubernur Bantu Agara, Bupati Butuh Ratusan Miliar

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Tenggara (Agara), Hasanuddin Beruh mengharapkan agar Pemerintah Aceh membantu pembangunan di Kabupaten Aceh Tenggara.

“Saya berharap Gubernur Aceh bisa membantu mendukung program Pembangunan Kabupaten Aceh Tenggara,” kata Bupati saat menerima kunjungan kerja Gubernur Aceh, Zaini Abdullah di Kutacane, Senin (13/10/2014).

Bupati menyampaikan banyak program pembangunan Aceh Tenggara, salah satu yang paling prioritas adalah pembangunan jalan tembus Kutacane-Langkat, pembangunan beronjong 60 kilometer dan pembangunan masjid agung.

Hasanuddin menjelaskan pembangunan beronjong sepanjang 60 kilometer itu akan membantu memberikan penghasilan kepada pertanian seluas 10.000 hektar. “Pembangunan ini butuh sekitar Rp600 miliar,” katanya.

Kemudian pembangunan terowongan Kutacane – Langkat juga membutuhkan dana sebesar Rp300 miliar.

Bupati Aceh Tenggara, Hasanuddin juga berharap agar Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dapat memberikan bantuan Pembagunan Masjid Agung At Taqwa yang akan menghabiskan dana puluhan milyar dan mampu menampung 4.000 jamaah.

“Masjid ini menjadi kebanggaan Pemerintah Aceh Tenggara Pasalnya Masjid Agung At Taqwa akan menjadi yang terindah karena di modifikasi dengan Khas Adat Suku Alas,” ujar Sanu, panggilan akrab Bupati Aceh Tenggara.

Menanggapi permintaan Bupati Aceh Tenggara ini, Gubernur Aceh, Zaini Abdullah memberikan respon positif.

“Saya sudah meninjau Masjid Agung At-Taqwa dan pihak Provinsi Aceh akan membantu dana sebesar Rp 5 miliar untuk kelanjutan pembangunan masjid tersebut,” kata Zaini spontan.

Gubenur Aceh juga berjanji akan merekomendasi pembangunan jalan terowongan Kutacane – Langkat.

Selain itu untuk pembagunan beronjong akan dikoordinasikan lebih lanjut ke Dinas Pengairan Provinsi Aceh pada tahun 2015 terkait pengalokasian dananya.

Usai melakukan temu ramah di Pendapa, Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menerima selendang adat alas dan pisau berhumu dari Bupati Aceh Tenggara, Hasanuddin Beruh. [dinni]

To Top