Teknologi

Facebook Beli WhatsApp Rp264 Triliun

ACEHTERKINI.COM | Facebook telah membeli aplikasi pesan WhatsApp dalam kesepakatan senilai 22 miliar dolar AS atau sekitar Rp264,4 triliun dalam uang tunai dan saham.

WhatsApp yang kini sudah memiliki 600 juta pengguna bulanan dan populer di kalangan pengguna ponsel yang tidak ingin membayar ekstra untuk teks.

Melansir Reuters, yang dikutip dari inilah, Februari lalu Facebook memang telah berencana untuk membeli layanan mobile messaging tersebut dengan penawaran sebesar 19 miliar dolar AS, dan nilai tersebut naik menjadi 22 miliar dolar AS setelah semua hambatan tentang regulasi telah diselesaikan.

Kesepakatan itu meliputi uang tunai sebesar 4,59 miliar dolar AS dan saham Facebook senilai 12 miliar dolar AS, serta tambahan 3 miliar dolar AS saham untuk para pegawai WhatsApp selama empat tahun.

Adapun pendiri WhatsApp sekaligus pimpinan perusahaan, Jan Koum, telah bergabung dengan Facebook.

Seperti Zuckerbegrg, Koum akan menerima gaji hanya 1 dolar AS, tetapi mendapatkan pembayaran saham senilai 2 miliar dolar AS selama empat tahun.

Seperti yang dinyatakan pada saat akuisisi diumumkan, WhatsApp akan terus beroperasi secara independen dari induk Facebook, dan perusahaan telah berjanji untuk tidak memperkenalkan iklan ke dalam percakapan penggunanya.

WhatsApp, yang memiliki lebih dari 70 karyawan, akan terus berbasis di Mountain View, California, AS. [red]

To Top