Sosial

Di Aceh, Tahun Baru Islam 1436 H Meriah

ACEHTERKINI.COM | Perayaan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1436 H pada Sabtu, 25 Oktober 2014 di Provinsi Aceh berlangsung meriah. Di Banda Aceh, Panitia Penyelenggaraan Perayaan Hari Besar Islam (P3HBI) menggelar pawai karnaval.

Kemudian di Aceh Jaya juga dimeriahkan dengan Pawai Mobil Hias mengelilingi kota Calang. Kabupaten Aceh Tenggara mengundang penceramah dari Sumatera Utara mengisi tausiah pada Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1436 H.

Peserta pawai karnaval terdiri dari murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Dayah dari Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh pada pukul 08.00 WIB.

Disamping acara pawai karnaval, Pemerintah Aceh juga akan mengadakan ceramah agama Tahun Baru Islam di Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh yang akan disampaikan oleh Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa, Dr. H. Zulkarnain Abdullah, MA pada, Sabtu (25/10/2014) pukul 20.00 WIB.

“Disamping peserta dari  kalangan pelajar, pihak panitia P3HBI juga menghimbau kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) untuk ikut berpartisipasi dalam rangka memeriahkan pawai karnaval memeriahkan peringatan tahun baru Islam ini,” jelas Ilyas Nyak Tuy, Ketua Panitia.

Rute Karnaval Tingkat PAUD/TK

Blang Padang (Start)-Jalan Iskandar Muda-Simpang Jam-Pendopo Gubernur (Jalan Sutan Muhammad Daud Syah)-Rumoh Aceh (Finish PAUD/TK)

Rute Karnaval Tingkat SD/SMP/SMA Sederajat

Blang Padang (Start)-Jalan Iskandar Muda-Simpang Jam-Pendopo Gubernur (Jalan Sutan Muhammad Daud Syah)-Simpang Kodim 0101 BS—Simpang Surabaya-Jalan T Hasan Dek-Simpang Jambo Tape-Jalan T Daud Beureueh-Simpang Lima-Jalan Pante Pirak-Mesjid Raya Baiturrahman (Finish)

Di Aceh Tenggara

Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tenggara memperingati 1 Muharam 1436 H, di Halaman Kantor Bupati, Kamis (23/10/2014).

Pemerintah Aceh Tenggara mengundang Ustad Drs. Jamidin Selian dari Sumatra Utara Medan untuk memberikan tausiah.

Jamidin Selian mengingatkan ummat Islam agar tidak menyakiti orang tua, terutama ibu.

“Siapa di dunia ini yang harus kita hormati, lalu Rasulullah SAW mejawab Ibumu, lalu siapa lagi ya Rasulullah. Ibumu, Siapa lagi ya Rasulullah, ibumu, lalu hamba bertanya lagi siapa lagi ya Rasulullah Jawab Rasulullah Bapakmu”.

Di Aceh Jaya

Pawai Mobil Hias sambut 1 Muharram 1436 H di Calang, Aceh Jaya. Foto - Hendra

Pawai Mobil Hias sambut 1 Muharram 1436 H di Calang, Aceh Jaya. Foto – Hendra

Menyambut 1 Muharram 1436 H, sejumlah Pemuda Krueng Sabee melakukan pawai mobil hias pada Jum’at (24/10/2014).

Aiyu Fatria kepada acehterkini, mengungkapkan Kegiatan Pawai dalam menyambut 1 Muharram belum pernah dilakukan dengan inisiatif sejumlah pemuda Keude Krueng Sabee.

“Kegiatan ini adalah yang pertama tahun ini dilakukan Pemuda Keudee Krueng Sabee, kegiatan ini terus dilakukan setiap Tahun Baru Islam,” demikian Aiyu Fatria. [hendra, dinni, red/*]

To Top