Nasional

APBN Alokasikan Dana Desa di Aceh Rp266,7 miliar

ACEHTERKINI.COM | Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan menetapkan alokasi dana desa untuk Provinsi Aceh sebesar Rp266,7 miliar.

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan di Jakarta, Provinsi Papua mendapat alokasi dana terbesar yaitu Rp1,17 triliun.

Kemudian dana terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur sebesar Rp1,61 triliun. Menyusul Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Chatib Basri mengingatkan kemampuan dalam pengelolaan dana desa harus dimiliki para aparat di lingkungan pedesaan, agar tidak terjadi penyelewengan dan pemanfaatannya sesuai dengan tata kelola yang berlaku.

“Kalau persiapan belum ada, bisa-bisa aparat desa ditangkap karena tidak bisa mengelola dana yang besar,” katanya dikutip dari situs goriau.

Dana desa merupakan salah satu bagian dari dana transfer ke daerah, yang menurut amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dialokasikan pemerintah untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Dalam UU tersebut, dana desa dialokasikan sebesar 10% dari keseluruhan belanja transfer ke daerah, sehingga idealnya dalam APBN 2015, dana desa dialokasikan sebesar Rp64 triliun, bukan sekitar Rp9,1 triliun.

Penyaluran dana desa kepada masyarakat dilakukan melalui mekanisme transfer dengan memperhatikan beberapa indikator, antara lain seperti jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah serta tingkat kesulitan geografis.

Selain dana desa, setiap desa juga mendapat alokasi dana yang bersumber dari APBD kabupaten atau kota berupa, bagian hasil pajak daerah dan retribusi daerah kabupaten atau kota, sebesar kurang lebih 10 persen.

Desa juga mendapatkan alokasi dana desa paling sedikit 10 persen dari dana perimbangan yang diterima kabupaten maupun kota setelah dikurangi dana alokasi khusus, serta bantuan keuangan dari APBD provinsi dan APBD kabupaten maupun kota.[red]

To Top