Sosial

800 Buku Bantuan Amerika Ke Aceh Jaya Diseleksi

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 800 buku yang terdiri dari buku bacaan fiksi dan non fiksi dibagikan kepada 8 SMP/MTs mitra United States Agency for International Development (USAID) di Aceh Jaya. Sebelum diserahkan ke sekolah, ratusan buku tersebut diseleksi.

Sri Wahyuni, Coordinator USAID PRIORITAS mengatakan buku yang dibagikan tersebut adalah buku yang bermutu dengan mengandung nilai pendidikan moral dan budaya. “Kita hindari buku yang bertentangan dengan norma-norma agama dan pendangkalan aqidah,” katanya.

Untuk menghindari buku-buku pendangkalan aqidah, USAID Prioritas melibatkan 31 orang guru dan PNS Dinas Pendidikan serta Kemeneterian Agama untuk melakukan seleksi dan menentukan buku yang layak diberikan ke sekolah.

“Sekolah menyeleksi sendiri buku bacaan yang layak baca, selanjutnya setiap sekolah berdiskuki dan rapat pleno semua peserta untuk menentukan buku. Buku yang layak dibaca oleh guru tetapi tidak layak dibaca oleh siswa juga tidak akan dihibahkan,” jelas Sri Wahyuni.
Salah seorang penyeleksi dari Kemenag Aceh Jaya, Khaidir mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai cara yang tepat untuk membagikan buku kepada sekolah.

“Kegiatan ini sangat tepat dilakukan untuk menghindari buku-buku yang tidak layak baca bagi siswa terutama yang berkaitan dengan pendangkalan aqidah,” Kata Kepala Syariah Kemenag Aceh Jaya itu.

Sekolah secara langsung terlibat bersama pemda untuk menyeleksi buku dapat diambil contoh oleh pihak lain yang berencana menghibahkan buku kepada sekolah.  [hendra]

To Top