Sosial

5 Menteri Kabinet Jokowi Paham Aceh

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah nama yang diumumkan sebagai kabinet kerja, Minggu (26/10/2014) di Istana Merdeka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo menurut rencananya Senin, (27/10/2014) akan dilantik. Termasuk ada lima menteri yang paham tentang Aceh.

Diberitakan sebelumnya Ferry Mursyidan Baldan dan Sofyan Djalil adalah dua kabinet kerja Jokowi yang berasal dari Aceh. Dua kabinet kerja ini sangat memahami persoalan Aceh, terutama masalah implementasi MoU Helsinki dan Undang-Undang Pemerintah Aceh.

Sofyan Djalil dikabarkan pernah menjadi anggota juru runding antara RI – GAM di Helsinki, Finlandia pada 15 Agustus 2005.

Kemudian Ferry Mursyidan Baldan juga pernah menjadi Ketua Panitia Rancangan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh.

Tiga kabinet kerja Jokowi-JK yang lain adalah Ryamizard Ryacudu yang pernah bertugas di Aceh saat Darurat Militer. Saat itu Ryamizard bertugas untuk menumpaskan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Kini Ryamizard diangkat menjadi Menteri Pertahanan periode 2014-2019 dalam pemerintahan Jokowi-JK.

Kemudian Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Sudirman Said juga memahami Aceh saat dirinya menjabat sebagai Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia pada Badan Rehabilitasi dan Rekontruksi Aceh pada tahun 2005-2008.

Selain itu Susi Pudjiastuti juga disebut-sebut memiliki tempat pengumpulan Lobster di Ujung Sarang, Kecamatan Teluk Dalam, Pulau Simeulue Aceh. Ia juga membuka usahanya bidang penerbangan dengan memberakatkan pesawatnya ke Simeulue sejak 2004.

Susi membantu para korban tsunami di Aceh. Ia mendistribusikan logistik ke daerah bencana. Sampai sekarang Pesawat Susi Air masih aktif terbang ke Simeulue dari Medan, Sumatera Utara.

Kini Susi Pudjiastuti menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla periode 2014-2019. [red]

To Top